Portal Berita Terkini Sumatera Barat

Wako Padang Panjang Jamu Rombongan Seoul Technical High School Korsel

Wali kota Padang Panjang, Fadly Amran saat menjamu tamu pelajar dari Korea Selatan, Rabu (11/1) malam. (ist)

PADANG PANJANG – Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano menjamu pelajar dan guru Seoul Technical High School Korea Selatan (Korsel), Rabu(11/1) malam di rumah dinas wali kota.

Rombongan pelajar Korsel yang dipimpin Kepala Sekolah Jobok Leeini bakal menjalankan kegiatan sharing budaya dan teknologi di SMAN 3 Padang Panjang. Selain itu, mereka juga mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Padang Panjang dan berbagai daerah di Sumbar. Aktivitas mereka berlangsung selama lima hari.

Pelajar Korsel ini terdiri 13 siswa (10 laki-laki dan tiga perempuan), tiga guru dan kepala sekolah. Di antara agenda yang mereka laksanakan yaitu berbagi teknologi perakitan drone, demo masakan Korea dan budaya Korea di SMAN 3. Sedangkan dari SMAN 3 akan membawa mereka pada pengalaman budaya seperti demo masakan tradisional Minangkabau, yaitu randang dan perkenalan dengan alat musik tradisional Minangkabau.

Mereka juga mengunjungi Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Mifan, menyaksikan Silek Lanyah di Desa Kubu Gadang. Lalu, ke ISI Padang Panjang, Bukittinggi dan Payakumbuh pada Ahad depan. Mereka juga akan melanjutkan perjalanan pada Seninnya ke Pulau Mandeh dan selanjutnya balik ke negara mereka keesokan harinya, Selasa (17/1).

Pada jamuan makan malam tersebut, tamu Korsel itu tampak terkesima dengan penampilan tari tradisional Minangkabau. Mereka juga menikmati kuliner yang disajikan.

Wako Fadly saat memberikan sambutan dengan bahasa Inggris menyampaikan, kehadiran guru dan pelajar Korsel ke Kota Padang Panjang ini merupakan sebuah kehormatan. Ia berharap ada kunjungan serupa, pelajar Padang Panjang ke Korea Selatan.

Fadly berharap para pelajar Seoul Technical High School ini bisa merasakan pengalaman yang menyenangkan di Kota Padang Panjang. Seperti membuat randang dan belajar berbagai hal lainnya. Dikatakannya SMAN 3 ialah salah satu sekolah terbaik.

Fadly juga menjelaskan tentang sejarah Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekkah. Sekolah Islam tumbuh dan berkembang di kota berhawa sejuk ini.

Sementara itu, Jobok Lee menyampaikan terima kasih kepada Wako Fadly yang telah menyambutnya. Dirinya merasakan hal yang sama. Yaitu, sebuah kehormatan dijamu wali kota.

Jobok Lee sangat terkesan dengan pemandangan yang indah di Kota Padang Panjang. Selain itu warga di kota ini juga ramah.

Dijelaskannya, hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea telah terjalin selama 50 tahun. “Saya ingin memperluas kerja sama di bidang pendidikan ini agar lebih baik lagi,” tuturnya.

Turut hadir, Sekdako Sonny Budaya Putra, A P, M.Si, jajaran pejabat Pemko, kepala dan guru SMAN 3 beserta undangan lainnya. (MC)