Tak Berkategori  

Wapres Datang, Mahasiswa Unand Demo

Aksi unjuk rasa kedatanganWakil Presiden Jusuf Kalla. (*)
Aksi unjuk rasa kedatanganWakil Presiden Jusuf Kalla. (*)
Aksi unjuk rasa kedatanganWakil Presiden Jusuf Kalla. (*)

PADANG – Kepolisian mengamankan sejumlah mahasiswa Universitas Andalas saat melakukan unjuk rasa kedatangan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sabtu (4/11/2017). Kedatangan Wapres ke sana dalam rangka meresmikan Rumah Sakit Unand.

Para peserta aksi yang tergabung dalam Mahasiswa Peduli Kampus (Ampek) mengaku mendapat tindakan represif  aparat.

“Sebanyak 15 peserta aksi ditangkap dan diamankan ke Mapolresta Padang,” kata Koordinator Lapangan Miftahul Fikri, mereka melakukan aksi damai, Sabtu (4/11/2017).

 

Aksi dimulai pukul 9.45 WIB dengan longmarch dari pos satpam depan PKM hingga persimpangan rumah sakit Universitas Andalas.

Setelah Mulai orasi sekitar 5 menit, lalu kepolisian mengingatkan massa aksi bahwa aksi hanya diizinkan 15 menit.

Namun, baru sekitar 5 menit aksi berjalan, polisi mulai mengepung. Setelah habis 15 menit peserta aksi dipaksa untuk masuk ke dalam bus.

Dalam penangkapan, kepolisian juga menggunakan kekerasan. Padahal massa aksi sama sekali tidak melakukan perlawanan.

Aksi ini merupakan respon atas permasalahan yang terjadi belakangan ini, mengetahui urgensi pendidikan bagi setiap manusia, sudah seyogyanya pendidikan dapat diakses bagi setiap warga negara.

“Kami menolak Unand menjadi PTN BH, menuntut transparansi penggunaan anggaran kampus. Menuntut Unand memaksimalkan seleksi dan penyaluran beasiswa Bidik Misi dan PPA dan menuntut pemerintah untuk tidak membungkam kebebasan berekpresi, jangan bungkam suara mahasiswa,” ujarnya.

Sementara Kapolresta Padang Kombes Chairul Azis menjelaskan, aksi yang dilakukan para mahasiswa tersebut tidak memiliki izin. (aci)