Tak Berkategori  

Wapres Resmikan Monumen Syekh ABdullah Ahmad di Padang

Wapres Jusuf Kalla (antara foto)
Wapres Jusuf Kalla (antara foto)

PADANG – Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Peringatan 100 Tahun Perguruan Adabiah serta meresmikan Monumen Syekh Dr Haji Abdullah Ahmad di Kota Padang, Minggu (28/8).

Wapres yang didampingi istri, Mufidah Kalla tiba di kompleks sekolah Adabiah sekitar pukul 09.50 WIB.

Dalam peringatan tersebut, Wapres menyampaikan pesannya mengenai pentingnya pendidikan di Sumatera Barat untuk membangun Indonesia lebih baik.

“Kita memahami di sini bagaimana pentingnya bekerja berdasarkan kultur dan pengetahuan dengan adat, maka saya sangat menghargai peringatan 100 tahun ini bukan untuk membanggakan masa lalu, tetapi untuk membentuk masa depan,” kata Wapres.

Dia menjelaskan dua hal penting yang menjadi kunci berkembangnya masyarakat Minang adalah pendidikan dan perdagangan.

Ia menekankan pentingnya pendidikan bagi warga Minang yang mayoritas mata pencahariannya berdagang untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia di Sumatera Barat.

“Kalau dulu di daerah ini belum ada sekolah, sekarang sekolah ada di mana-mana. Masalahnya adalah bagaimana mutu pendidikan di Sumatera Barat agar lebih baik untuk mencapai tujuan ke depan,” jelasnya.

“Kalau ingin menurunkan mutu orang Minang, rusak saja sekolah dan pasar, karena modal orang Minang ya dua hal itu,” tambahnya.

Perguruan Adabiah merupakan pelayanan pendidikan berbasis Islami yang didirikan oleh Yayasan Syarikat Oesaha Adabiah di Kota Padang.

Hingga saat ini, Perguruan Adabiah telah berkembang dengan memiliki pelayanan pendidikan mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dua sekolah menengah atas dan satu sekolah tinggi ilmu administrasi. (*/aci)

sumber:antara