Tak Berkategori  

Warga Bukittinggi: Api Tiba-tiba Saja Sudah Membesar di Pasar Bawah

BUKITTINGGI – Puluhan kios di pasar bawah kota Bukittinggi provinsi Sumatera Barat hangus dilalap si jago merah. Peristiwa itu diketahui sekitar pukul 02.00 Wib Sabtu (11/9) dini hari.

Namun beberapa saksi mata yang dihimpun Singgalang tidak mengetahui persis api berasal, karena warga hanya melihat api sudah membesar dan membakar sejumlah  yang berada di bagian dalam pasar bawah tersebut.

Sementara mobil pemadam kebakaran dari berbagai daerah ikut dikerahkan untuk  membantu memadamkan api dan api baru berhasil dijinakkan dan dipadamkan sekitar pukul 05.00 wib.

Sekretaris Damkar Bukittinggi,Susilo yang dikonfirmasi Singgalang membenarkan bahwa sejumlah daerah ikut mengirimkan armada kebakaran untuk memadamkan api yang membakar pasar bawah tersebut, dan api baru berhasil dipadamkan subuh dini hari.

Terkait jumlah kios yang terbakar menurut Susilo bahwa petugas dari dinas pasar masih melakukan pendataan, karena yang terbakar itu beberapa los yang didalamnya terdapat puluhan kios.

Plt Dinas Pasar Isra Yonza yang dikonfirmasi Singgalang mengatakan bahwa pihaknya belum dapat menyampaikan berapa los dan kios yang terbakar karena pihaknya masih melakukan pendataan, namun perkiraan awal jumlah pedagang yang terdampak akibat kebakaran los dan kios di pasar bawah itu mencapai 300 orang.

Wakapolres Bukittinggi Kompol Sukur Hendri Saputra yang dikonfirmasi terkait penyebab kebakaran juga belum dapat menjelaskan karena anggotanya masih dilapangan melakukan penyidikan.

Pantauan Singgalang pasca kebakaran lokasi kejadian dipasang garis polisi, dan warga yang tidak berkepentingan dilarang masuk ke lokasi kejadian. (gindo)