Tak Berkategori  

Warga Gerebek Pesta Sabu di Ulak Karang

Polisi memeriksa sejumlah barang bukti kasus narkoba di rumah tak berpenghuni di Komplek Wisma Indah, Ulak Karang, Padang Utara setelah digerebek warga, Senin (24/6). (ist)

PADANG – Rumah kosong di kawasan Komplek Wisma Indah, Ulak Karang, Padang Utara, Kota Padang diduga dijadikan tempat pesta sabu. Pelaku yang berjumlah tiga orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan itu digerebek warga setempat, Senin (24/6).

Samarta, Ketua RT setempat mengatakan penggerebekkan itu dilakukan warga karena mereka curiga ada orang yang masuk ke rumah kosong. Lalu salah seorang warga menghubungi ketua RT dan dia pun langsung ke lokasi.

Di sana ditemukan pelaku yang sedang menghisap narkoba yang belakangan diketahui sabu.
“Pas saya tanya, ngapain di sini. Gak ada jawab pelaku. Dia pun membuang sesuatu ke luar rumah. Ternyata itu alat penghisap sabu,” terang Samarta.

Lalu pelaku berjenis kelamin laki-laki bersama salah satu perempuan lainnya keluar rumah yang disaksikan warga yang mulai berkerumun. Saat keluar dia mengatakan kalau pelaku pengguna narkoba ada di dalam. Kemudian dia kabur menggunakan sepeda motor yang diparkir tidak jauh dari rumah kosong tersebut. Meski begitu handphone miliknya tertinggal di sana.

“Saya kira karena orang ramai di luar pelaku pria itu tidak akan lari. Ternyata dia mengelabui warga. Akhirnya hanya satu pelaku perempuan saja yang bisa kami amankan. Dan kami pun menghubungi pihak berwajib,” terang Samarta didampingi pihak kelurahan dan warga setempat.

Satu pelaku berjenis kelamin perempuan yang mengaku bernama Leni kepada petugas kepolisian mengatakan hendak membeli handphone pelaku pria yang kabur. Leni juga mengakui kalau dia juga melihat ada pria memakai sabu dan memberi sebungkus kopi Aceh pada pria yang melarikan diri tersebut.

Sementara, Samarta, menjelaskannya, rumah kosong tempat yang digunakan pemakai narkoba itu adalah sitaan sebuah bank syariah. Namun karena pihak bank tak memiliki dana pemeliharaan makanya dibiarkan kosong selama bertahun-tahun.

“Ini bukan kejadian pertama, tapi sudah sering terjadi. Beruntung warga selalu waspada dan ada saja yang ditangkap. Ini wujud kepedulian warga terhadap lingkungan sekitar mereka,” terang Samarta.

Dalam penggerebekan warga tersebut ditemukan mancis, alat penghisap sabu, tas, sendok dan plastik pembungkus shabu. Untuk pengembangan lebih lanjut, pelaku dan semua barang bukti diamankan ke Polsek Padang Utara. (yuke)