oleh

Warga Tarantang Laporkan Praktik Politik Uang ke Bawaslu

PADANG – Sejumlah tokoh masyarakat Kelurahan Tarantang dan Kelurahan Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan mendatangi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Padang di Jalan Batang Kasang nomor 5 Kelurahan Alai Kopi, Jumat (9/5).

Mereka melaporkan adanya indikasi kecurangan money politik (politik uang) pada daerah mereka, yang dilakukan oleh oknum caleg.

“Berkas bukti bukti laporan telah kami antarkan ke Bawaslu dan diterima petugas Bawaslu sebelum Shalat Jumat,”ungkap Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Tarantang Rudi didampingi Dasmon Ketua RW 03 Tarantang usai memberikan laporan.

Ditambahkan Ketua RW 03 Tarantang Dasmon, politik uang terjadi ketika dilakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Lubuk Kilangan dan sejumlah kecamatan lainnya di Kota Padang, pada 27 April lalu.

Senada dengan hal itu, Tokoh Masyarakat Batu Gadang Rizal Jeasz juga menolak keras politik uang yang dilakukan caleg, karena dapat merusak mental masyarakat sekitar Batu Gadang.

Anggota Divisi hukum penindakan pelanggaran Bawaslu Kota Padang Romi Fernando membenarkan kedatangan warga dari Tarantang Lubuk Kilangan terkait dugaan pelanggaran money politic pada tahapan Pemilu 2019.

Saat ini dikatakan Romi sedang dalam proses penerimaan dan kajian berkas yang diantarkan oleh warga. Prosesnya memakan waktu maksimal tiga hari, karena pelapor masih melengkapi berkas yang masih kurang.

“Barang buktinya belum bisa kita beberkan, karena masih melengkapi berkas. Begitu juga caleg dan partai yang diduga melakukan pelanggaran, masih belum bisa disebutkan. Kita telusuri dahulu apakah benar atau tidak kejadian ini,”jelas Romi kepada sejumlah wartawan. (yose)

 

Loading...

Berita Terkait