Tak Berkategori  

Waspadai DBD, Sekda Padang Sempat Dirawat

Ilustrasi sakit (Foto: Healthcaredive)
Ilustrasi (Foto: Healthcaredive)

PADANG –  Cuaca di Padang beberapa hari ini sering tak menentu. Terkadang panas badangkang, terkadang hujan. Anomali cuaca ini dikhawatirkan akan memunculkan penyakit di tengah masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani Hamid menyebut perubahan cuaca yang tiba-tiba agar diwaspadai seluruh masyarakat. Karena akan menimbulkan dampak penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

“Waspadai DBD dan ISPA, karena cuaca pada malam hari hujan dan siangnya panas,” imbaunya, Minggu (11/3/2018).

Feri Mulyani menyebut, hal yang harus diwaspadai adalah kemunculan jentik-jentik nyamuk DBD. Terutama di bak penampungan air, got, dan lainnya.

“Kita harapkan warga untuk menjaga kebersihan di penampungan air dan lingkungan sekitar agar tak muncul jentik nyamuk,” ujarnya.

Pemerintah Kota Padang terus mengimbau warganya untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Aksi PSN ini seperti menguras tempat penampungan air secara berkala, mengubur kaleng bekas, dan menutup tempat penampungan air.

 

Sekda Asnel sakit

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Padang Asnel sempat mendapat perawatan medis setelah menderita DBD, pekan lalu.

Asnel yang waktu itu baru saja pulang dari dinas luar daerah merasakan suhu tubuhnya panas dan sulit untuk mengonsumsi makanan.

Mendapati kondisi seperti itu, ia lantas dilarikan ke Rumah Sakit Siti Rahmah. Asnel mendapat perawatan selama beberapa hari dan kini sudah kembali ke rumahnya.(charlie)