Tak Berkategori  

Waspadai Titik Rawan Macet pada Libur Tahun Baru

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG – Dinas Perhubungan Sumbar siagakan derek dan 30 personel atasi kemacetan dan pengamanan jalur libur tahun baru. Meski begitu masyarakat diharapkan tetap waspada dengan kondisi cuaca.

“Kalau untuk kemacetan kita sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Kepolisian dan kabupaten/kota, perlu diwaspadai masyarakat adalah, kondisi cuaca ekstrim, kadang-kadang hujan lebat datang dengan tiba-tiba, longsor,”sebut Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Amran kemarin.
Dikatakannya, khusus kebijakan rekayasa lalulintas pada malam pergantian tahun tetap berada pada kabupaten/kota. Karena titik-titik keramaian pada malam tahun baru sudah menjadi kewenangan kabupaten/kota.
Hanya untuk titik-titik rawan lintas kabupaten/kota seperti daerah Lembaha Anai dan ruas lainnya, sudah ada koodinasi antara Dishub Sumbar dengan Polda Sumbar. “Karena kita satu paket, semua kebijakan ada dalam tim tersebut,”sebutnya.
Untuk masyarakat yang membutuhkan mobil derek, Dinas Perhungan juga sudah mensiagakan satu unit derek dengan kapasitas 80 ton. Suatu waktu, mobil tersebut dapat dihubungi untuk kebutuhan bantuan.
Sementara itu, titik-titik yang biasanya rawan pada malam pertukaran tahun terdapat 20 titik. Untuk arah utara adalah jalur Padang-Bukittinggi diantaranya, dimulai dari Basko, Stasiun Tabing, Lubuk Buaya, Pasar Lubuk Alung, Pasar Sicincin, Air Terjun, di Sepanjang Jalan Bukit Berbunga.
Titik macet berikutnya Kota Padang Panjang, dimulai dari Mifan, Sate Mak Syukur, Pasar 10 Koto, Padang Luar, Pasar Bukittingi hingga ke Payakumbuh, tepatnya di Fly Over Kelok 9. Kemudian, Solok, dimulai dari Pasar Bandar Buat, Sitinjau Laut, Kota Solok, Pasar Silungkang, dan Muaro Kalaban. Sementara, titik macet arah selatan, dimulai dari Pasar Gaung hingga Bukit Lampu.
Selain titik macet arah utara dan selatan, juga terjadi kemacetan di kawasan pasar tumpah dan objek wisata di Sumbar. Pengendara harus bijak mencari jalur alternatif agar tidak terjebak macet.(yose)