Tak Berkategori  

Webinar Literasi Digital 2021 Kembali di Limapuluh Kota

Literasi Digital 2021.(ist)

SARILAMAK – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera.

Kali ini webinar dengan temah besar Menjadi Cerdas di Era Digital itu mampir di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Kamis 25 November 2021 bersama para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Dra. Dewi Anggraini mengemukakan sikap cerdas di era digital, gunakan kata-kata yang sopan, hindari menyinggung perasaan, perhatikan emosi, uppercase, stop hoax dan hindari memberikan data privasi. Amankan data pribadi, gunakan PIN dan adukan hal mencurigakan.

Kreatif, inovatif dan dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Sadar bahwa jejak digital dapat membahayakan masa depan. Cara yang dapat dilakukan untuk melatih etika dalam berkomunikasi di media sosial adalah dengan membiasakan diri untuk memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar saat kita berinteraksi, siapapun lawan bicara kita, menurut Sahidin, S.Ag, M.Pd.

Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd. memaparkan gen Alpha merupakan generasi keturunan gen Y, generasi yang baru muncul, para balita anak dari generasi Y yang kini disebut Generasi Alpha. Lahir setelah 2010an sampai saat ini. Secara pemikiran, generasi Alpha dinilai memiliki pandangan yang lebih terbuka dan maju dari generasi sebelumnya.

Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Adhit “Element” sebagai Musisi dan Gitaris Element yang memberikan sharing session, menjadi cerdas di era digital.

Di era digital ini menjadi pengguna yang cerdas sangat penting untuk mampu memanfaatkan perangkat digital secara efektif untuk berbagai kebutuhan. Baik untuk segala kebutuhan sehari-hari, untuk kebutuhan belajar, maupun untuk kebutuhan berorganisasi. Jadi, sudah saatnya generasi muda untuk memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)