Tak Berkategori  

Webinar Metamorfosis Pembelajaran, Tiga Bidang Ilmu dari Tiga Kampus Berbeda

Pemateri webinar dari tiga kampus berbeda dengan tiga bidang ilmu berbeda di Sumatera.(mat)

PADANG – Tiga bidang ilmu dari tiga Universitas berbeda di Sumatera berkolaborasi dalam Web Seminar (Webinar) bertajuk Metamorfosis Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 yang ditayangkan Live Google Meet dan Live Streaming Youtube,  Rabu (10/6).

Tiga bidang ilmu itu adalah Bidang Sastra, Teknologi dan Olahraga. Sementara tiga kampus yang ikut ambil bagian pada seminar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) itu adalah Universitas Bung Hatta, UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Universitas Negeri Padang.

Disela-sela webinar, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitan Bung Hatta (UBH) Prof. Diana Kartika bersama Ketua Prodi Sastra Jepang UBH Oslan Amir mengatakan bahwa peserta lebih dari 200 mahasiswa. Tak hanya itu dalam materinya Prof. Diana dan Oslan Amir mengingatkan mahasiswa agar berhati-hati saat berkomunikasi melalui media.

“Hari ini, kita sama-sama belajar dan juga berbagi pemahaman terkait etika dan sopan-santun berbahasa. Tak hanya itu peningkatan kita juga diberi pemahaman terkait kondisi fisik untuk meningkatkan imun tubuh mahasiswa selama belajar dari rumah,” kata Prof. Diana kepada Singgalang disela-sela webinar.

“Hari ini kehausan terhadap ilmu dan kerinduan terhadap suasa pendidikan semakin kental terasa dari para mahasiswa saat mengikuti webinar. Semoga dengan metamorfosis pembelajaran yang tengah diwacanakan saat ini kehausan dan kerinduan mahasiwa itu akan segera terobati. Tujuannya tidaklah berbeda, tetapi saat ini kita semua dipaksa belajar lebih melalui teknologi dan dengan cara kreatifnya salah satunya memanfaatkan webinar,” katanya.

Tak jauh berbeda, Oslan Amril dalam materinya terkait etika komunikasi dunia maya berbagi pengetahuan seperti berbagai pelanggaran etika, karakteristik dunia maya, pandemi covid-19 dan netiket.  Netiket chatting – kuliah online dan etika kesantunan dalam komunikasi dunia maya.

“Selalu ingat tulisan adalah perwakilan dari kita, utamakan bersikap sopan dan jangan memancing perselisihan,” katanya.

Sementara itu, Ali Mardius dalam materinya terkait metamorfosis pembelajaran peningkatan kondisi fisik untuk meningkatkan imun tubuh mahasiswa berbagi ilmu bagaimana cara menjaga imun tubuh.

“Caranya dengan mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga rutin, mengelola stres, dan mengkonsumsi suplemen,” katanya.

Sementara itu, Zulbahri bersama Yuni Astuti dari UNP berbagai  terkait kesiapan belajar online dalam tantangan era new normal kepada peserta berbagi terkait fungsi dan manfaat olahraga bagi fisik.

“Untuk olahraga selama Pandemi ini disarankan melakukan Kardio, senam aerobik, yoga, menari, push-up dan sit-up serta bersepeda di luar rumah.

Andika Prajana Dosen di Fakultas Sain dan Teknologi yang juga Sekretaris Jurusan Ilmu Agama Islam di Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh kepada awak media menjelaskankan bahwa sejatinya mahasiswa sudah harus berada di era 4.0 plus. Sehingga cara belajar menggunakan teknologi sudah harus sangat dimiliki.

Diakhir kegiatan, peserta yang aktif selama webinar dihadiahi berbagai hadiah menarik seperti hadiah voucher pulsa dalan lainnya. Salah satu peserta yang mendapat hadiah itu adalah Roza Amelia mahasiswa prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi UNP, kepada para narasumber berharap Webinar akan rutin digelar karena dinilai sangat bermanfaat karena bisa diikuti meski tengah membantu orang tua di rumah.

“Terima kasih saya dapat bergabung dan mengenal teman-teman mahasiswa lainnya dan mendapat ilmu baru pula,” ungkapnya.(mat)