oleh

WNI di Rumania dan Republik Moldova Menggunakan Hak Suaranya dalam Pemilu

JAKARTA – Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Rumania dan Republik Moldova menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum 2019, yang diselenggarakan pada Sabtu, (13/4/2019) di Bucharest.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Bucharest menyelenggarakan Pemilu bagi WNI yang tinggal di Rumania dan Republik Moldova sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh KPU. Tanggal 13 April dipilih karena jatuh pada hari Sabtu dimana banyak WNI yang rata-rata bekerja dari Senin-Jumat sedang libur.

Dri relis yang diterima singgalang, jumlah pemilih WNI di Rumania dan Republik Moldova tercatat 141 orang dengan menggunakan metode pengiriman lewat pos atau memilih langsung di TPS 01 Bucharest. Pada hari Sabtu, dijadwalkan 84 WNI di Rumania dan Republik Moldova melakukan pemungutan suara secara langsung di TPS 01 Bucharest di lobi gedung KBRI Bucharest.

Sementara itu, 57 WNI lainnya yang berada di luar kota Bucharest akan menggunakan hak suaranya melalui pos dan surat suara mereka telah dikirimkan oleh PPLN Bucharest sejak akhir Maret 2019.

Dari 57 WNI yang menggunakan hak suara melalui pos, PPLN Bucharest telah menerima dan masih menunggu beberapa surat suara kembali sampai dengan 17 April 2019. Seluruh surat suara baru akan dibuka, disaksikan oleh warga pada tanggal penghitungan suara yakni 17 April 2019 jam 10.00 waktu Bucharest, menunggu selesainya pemungutan suara di tanah air.

PPLN Bucharest bertanggung jawab melaksanakan pemilu untuk Rumania dan Republik Moldova yang merupakan wilayah akreditasi KBRI Bucharest. Setelah menggunakan hak suaranya, para WNI menikmati sajian menu spesial pesta demokrasi yang disiapkan oleh KBRI Bucharest yakni nasi uduk dan ayam bumbu rica. (aci)

News Feed