oleh

YLKI: Bagasi Berbayar Jangan Lebihi Harga Tiket Pesawat

Ilustrasi (okezone)

JAKARTA – Beberapa maskapai penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) mulai menerapkan bagasi berbayar. Setidaknya hal ini dilakukan oleh tiga maskapai yakni Lion Air, Wings Air, dan Citilink.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan pembayaran bagasi pada maskapai penerbangan LCC itu memang boleh atau legal. “Namun harus dibatasi jangan sampai bagasi berbayar itu menyundul tarif minimal premium services,” ujarnya di Jakarta, Selasa (15/1).

YLKI kata Tulus tidak setuju apabila tarif bagasi itu terlalu tinggi, sehingga melebihi tarif tiket pesawat tersebut. Apalagi jika sampai mendekati tarif minimal maskapai penerbangan medium. “Jadi harus tetap ada batasannya maksimal berapa, Menhub Budi Karya harus mengatur itu sampai ke detailnya,” tuturnya kepada okezone.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, secara global persaingan bisnis di industri penerbangan sangat ketat. Keuntungan yang diperoleh tidak besar namun memiliki risiko tinggi.

Ditambah lagi, kondisi harga avtur yang merupakan bahan bakar pesawat terus alami kenaikan, di masa itu maskapai juga tidak menaikkan harga. Kondisi ini semakin menekan keuntungan maskapai, sebab kenaikan beban operasional tak diimbangi dengan pendapatannya.

“Sehingga mereka dalam satu harga sepertinya marjinal sekali (batas tepi ke tidak menguntungkan),” katanya ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta. (aci)

News Feed