Tak Berkategori  

YLKI Desak Pemerintah Daerah Serius Perbaiki Transportasi Umum

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

JAKARTA – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak pemerintah daerah memperbaiki transportasi umum, sebagai langkah untuk mengurangi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya roda dua.

“Kami mendesak pemerintah daerah memperbaiki transportasi umum di daerahnya, karena salah satu alasan pemudik menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor adalah karena di daerah minim akses transportasi umum,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi melalui keterangan tertulisnya, Minggu (26/7).

Perbaikan alat transportasi di daerah tersebut diperlukan, karena hingga saat ini korban kecelakaan lalu lintas saat musim mudik, 75 persennya adalah pengendara sepeda motor.

“Karena jumlahnya tinggi itu juga, kami mendesak Kemenhub dan Polri menekan tingginya penggunaan sepeda motor sebagai sarana mudik,” ujarnya.

Sebagai pengganti sarana mudik kendaraan roda dua bahkan mobil-mobil pribadi, Tulus mengusulkan pemerintah agar memperbaiki dan memperbanyak akses angkutan umum di sektor darat, khususnya perkeretaapian karena dianggap lebih efisien dan aman.

Tulus juga meminta Polri agar bertindak tegas terhadap pelanggaran lalu lintas untuk menekan tingginya kecelakaan lalu lintas. “Patut diduga, tingginya laka lantas karena pihak Polri melonggarkan pelanggaran lalin,” ucapnya.

Dia juga meminta Polri seharusnya juga membuka pada publik, merek sepeda motor yang mengalami laka lantas, dan meminta produsennya untuk bertanggung jawab. (*/aci)

sumber:antara