Jokowi Sebut Kesepakatan dengan Eropa Capai Rp20,5 Miliar Dolar

×

Jokowi Sebut Kesepakatan dengan Eropa Capai Rp20,5 Miliar Dolar

Bagikan berita
Jokowi Sebut Kesepakatan dengan Eropa Capai Rp20,5 Miliar Dolar
Jokowi Sebut Kesepakatan dengan Eropa Capai Rp20,5 Miliar Dolar

[caption id="attachment_5588" align="alignnone" width="650"]Joko Widodo. (net) Joko Widodo. (net)[/caption]JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kesepakatan business to business yang dihasilkan dari lawatan kenegaraan ke Eropa mencapai 20,5 miliar dolar AS.

"Dua hal yang saya dapatkan dari kunjungan ini, yang pertama kepercayaan kalangan bisnis negara-negara tersebut dan juga Uni Eropa terhadap perekonomian Indonesia," kata Jokowi dalam jumpa pers usai lawatan dari Eropa di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (23/4).Presiden mengatakan hal kedua yaitu kepercayaan negara-negara Eropa atas peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian melalui Islam yang moderat.

Menurut Presiden, kebijakan deregulasi ekonomi yang dilakukan Indonesia juga diapresiasi secara positif oleh sejumlah negara Eropa.Dalam kunjungannya, Presiden beserta rombongan kenegaraan telah melakukan sejumlah komitmen dan prioritas kerja sama antara lain dengan Jerman yang berfokus pada pendidikan dan latihan sekolah kejuruan.

Kemudian kerja sama yang diperkuat dengan Inggris yaitu di bidang ekonomi kreatif dan industri kreatif.Presiden juga menyatakan rasa bangga atas produk busana Indonesia yang dijual di pusat perbelanjaan besar di London.

"Yang ketiga dengan Belgia atau juga dengan Uni Eropa, kecepatan kita dalam selesaikan 'scoping papers' CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) sangat dihargai dan kita tinggal lanjutkan kepada negosiasinya," ujar Jokowi.Sementara dengan Belanda, Indonesia menyepakati kerja sama di bidang maritim dan pengelolaan air. "Nantinya November, Perdana Menteri Belanda akan berkunjung ke Indonesia dengan delegasi bisnis yang ada," kata Presiden.

Presiden telah melakukan lawatan ke Eropa sejak 17-23 April 2016 ke Jerman, Inggris, Belgia dan Belanda.(aci)sumber:antara

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini