Asli Chaidir: Asupan Gizi Anak Harus Cukup

×

Asli Chaidir: Asupan Gizi Anak Harus Cukup

Bagikan berita
Asli Chaidir: Asupan Gizi Anak Harus Cukup
Asli Chaidir: Asupan Gizi Anak Harus Cukup

 [caption id="attachment_37762" align="alignnone" width="649"] Anggota DPR-RI, H Mhd. Asli Chaidir didampingi Camat Lubuk Kilangan Yalmasril, memberikan materi soal pentingnya gizi bagi anak di hadapan kader Posyandu se-Kecamatan Lubuk Kilangan, Kamis (11/8). (*)
Anggota DPR-RI, H Mhd. Asli Chaidir didampingi Camat Lubuk Kilangan Yalmasril, memberikan materi soal pentingnya gizi bagi anak di hadapan kader Posyandu se-Kecamatan Lubuk Kilangan, Kamis (11/8). (*)[/caption]

PADANG - Anggota DPR dari fraksi PAN, H.Mhd Asli Chaidir menegaskan, asupan gizi anak harus cukup. Ini mesti menjadi perhatian khusus oleh orangtua. Jika tidak apalagi diabaikan, akan berimplikasi kepada masa pertumbuhan maupun kemampuan otaknay dalam berpikir kelak."Jika berharap anak-anak pintar, asupan gizinya harus cukup. Ini pun mesti dilakukan sejak anak berada dalam kandungan hingga pada masa pertumbuhan," kata Asli di hadapan kader Posyandu se- Kecamatan Lubuk Kilangan di kantor camat setempat, Kamis (11/8).

Menurut wakil rakyat asal daerah pemilihan Sumbar I ini, setelah lahir hingga berusia 6 bulan, makanan utama bayi adalah air susu ibu (ASI). Selama rentang waktu ini, jangan dicampur dengan  makanan lain, sebab pencernaan bayi belum 'mengizinkan'  untuk mengolah makanan lain.Tetapi, setelah menginjak usia 6 bulan, bayi mulai diperkenalkan pada makanan yang dinamakan makanan pendamping ASI atau disingkat MP-ASI. Inilah makanan bayi kedua yang menyertai pemberian ASI.

"Makanya pemerintah hingga kini terus menggencarkan program makanan pendamping ASI," ujar mantan anggota DPRD Sumbar dua periode ini.Bahkan Asli menyebut kandungan zat gizi pada MP-ASI, tidak saja berperan penting untuk pertumbuhan fisik tubuh tetapi juga dalam pertumbuhan otak, perkembangan perilaku, motorik, dan kecerdasan balita.

Menurut dia, uutuk jangka pendek manfaatnya antara lain penanaman memori rasa lewat perkenalan ragam rasa dan tekstur sejak dini. Sedangkan manfaat jangka panjang, bisa meminimalisir kemungkinan si kecil menjadi susah makan di kemudian hari dan mudah untuk  beradaptasi dengan makanan baru.'Kita harapkan kader posyandu terus memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada ibu-ibu terutama ibu hamil agar mereka memperhatian soal gizinya. Karena tidak saja bermanfaat bagi anak yang dikandungnya, juga pada dirinya sendiri," imbuhnya.

Sementara itu Camat Lubuk Kilangan Yalmasril dalam pertemuan itu, mengucapkan terima kasih kepada Asli Chaidir yang telah memberikan penjelasan sekaligus menyalurkan bantuan pemerintah pusat berupa makanan pendamping ASI dan makanan tambahan ibu hamil di kecamatannya.Usai pertemuan yang dibarengi dengan diskusi itu, Asli secara simbolis menyerahkan makanan pendamping ASI dan makanan tambahan ibu hamil kepada Camat dan kepala puskesmas setempat. (pendi)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini