Jembatan Putus, Warga Sungai Durian Terisolasi

×

Jembatan Putus, Warga Sungai Durian Terisolasi

Bagikan berita
Foto Jembatan Putus, Warga Sungai Durian Terisolasi
Foto Jembatan Putus, Warga Sungai Durian Terisolasi

AROSUKA - Banjir yang terjadi di beberapa nagari di Kabupaten Solok, juga menimpa nagari Sungai Durian, kecamatan IX Koto Sungai Lasi. Di nagari yang berbatasan dengan Payung Sekaki ini, setidaknya 75 warga terisolasi akibat putusnya jembatan utama di kawasan tersebut.Menyikapi itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok telah mengirimkan bantuan logistik berupa makanan untuk kosumsi warga terdampak.

"Untuk sementara, kita baru bisa menyalurkan logistik untuk warga yang terdampak," ungkap Kalaksa BPBD Kabupaten Solok, Armen AP kepada wartawan, Sabtu (8/2) siang.Guna menyalurkan makanan ke lokasi yang dikelilingi sungai Batang Laweh, petugas TRC BPBD terpaksa membuat jembatan penyebrangan darurat dengan membetang seutas untuk penyeberangan petugas.

Melalui tali penyebrangan darurat itu, petugas BPBD berhasil menyalurkan makanan untuk warga yang dilaporkan sudah terjebak sejak kemarin."Tidak mudah, Petugas harus bertaruh nyawa untuk membuat dan menyebrangi jembatan ditengah derasnya air sungai," sebut Armen.

Diketahui, jembatan yang putus akibat dihantam banjir tersebut merupakan akses satu-satunya ke pemukiman 75 jiwa warga Nagari Sungai Durian yang terisolasi.Menurutnya, saat ini upaya yang bisa dilakukan baru berupa membuka akses masuk logistik. Sedangkanuntuk upaya evakuasi pihaknya akan menunggu aliran sungai Batang Laweh kembali surut.

"Sangat berisiko kalau kita lakukan evakuasi sekarang. Yang penting makanan sudah kita drop, agar masyarakat tidak resah. Nanti kalau aliran sungai sudah kecil, kita lakukan penanganan selajutnya," terang Kalaksa BPBD Kab. Solok. (rusmel)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini