Kenalkan Universitas, Mahasiswa KKN Unand Adakan Webinar

×

Kenalkan Universitas, Mahasiswa KKN Unand Adakan Webinar

Bagikan berita
Foto Kenalkan Universitas, Mahasiswa KKN Unand Adakan Webinar
Foto Kenalkan Universitas, Mahasiswa KKN Unand Adakan Webinar

PADANG - Universitas Andalas (Unand) merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa dan merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Walaupun demikian, bukan berarti semua orang sudah kenal baik dengan Unand, terutama siswa SMA/MA yang merupakan calon mahasiswa baru.Untuk itulah, mahasiswa Unandyang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kampar-Meranti mengadakan kegiatan webinar pada Rabu (18/8) dengan tema “Pengenalan Universitas Andalas bagi Siswa SMA/MA”.

Webinar diikuti ratusan siswa yang berasal dari berbagai SMA di Kampar, Pekanbaru dan Kepulauan Meranti. Bahkan sebagian peserta berasal dari SMA-SMA di Pulau Jawa. Memang webinar ini dikhususkan bagi siswa SMA/MA dilingkup KKN Kampar-Meranti, tetapi juga dibuka untuk umum termasuk siswa di luar lingkup kerja kegiatan KKN.Kegiatan KKN Unand 2021 masih dilaksanakan di daerah atau nagari mahasiswa masing-masing, karena masih dalam kondisi Covid-19. KKN dibimbing satu dosen pembimbing lapangan (DPL), yang juga berasal dari daerah yang sama.

KKN Kampar-Meranti dipusatkan di tiga lokasi yaitu Desa Tanah Merah (Posko 1), Desa Lemang (Posko 2) dan Kelurahan Pulau (Posko 3). Hal ini untuk memudahkan koordinasi sebagaimana disampaikan Satya Adhi Wicaksana yang merupakan ketua kelompok.“Awalnya lokasi KKN ini dipusatkan di dua lokasi, namun karena jarak yang cukup berjauhan maka dilakukan penampahan satu posko di Kelurahan Pulau” kata Satya yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum.

Webinar dilaksanakan secara bersama-sama dengan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dosen Unand.Adapun pembicara utama dalam webinar ini adalah Dr. techn. Marzuki. Ia memaparkan kualitas perkuliahan di Unand , mulai dari akreditasi, sarana dan prasarana, dan beasiswa yang mungkin dilamar bagi mahasiswa.

“Unandbertekad untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya dan kami menargetkan untuk masuk 500 universitas terbaik dunia,” kata Marzuki, yang juga merupakan alumni SMAN 1 Bangkinang ini.Memang Unandtidak hanya bereputasi secara nasional dengan akreditasi A, tetapi juga mulai menapak ke reputasi internasional. Hal ini ditandai dengan terakreditasinya beberapa prodi secara internasional atau regional seperti AUN-QA, IABEE dan ABET.

“Dalam bidang sarana dan pra-sarana, Unandmemiliki semua modal untuk menjadi universitas berkelas dunia. Kita memiliki dosen yang bermutu dengan reputasi internasional. Kita punya Rumah Sakit pendidikan yang sangat lengkap untuk menopang kegiatan pendidikan dan riset-riset bidang kesehatan”, tegas Marzuki yang merupakan lulusan Austria ini.Untuk bisa kuliah di Unand, dapat ditempuh melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Marzuki banyak mengupas jalur Mandiri karena dua jalur lainnya sudah diketahui dengan baik oleh para siswa. Jalur mandiri di Unandterbagi atas lima bentuk yaitu melalui (1) Kemampuan akademik; (2) Prestasi bakat, mibat dan nalar; (3) Disabilitas; 4) Kerjasama; dan (5) Internasional.

Setelah pemaparan, webinar dilanjutkan dengan sesi diskusi. Banyak pertanyaan yang muncul dari peserta menandakan tingginya minat mereka untuk kuliah di Unand. Memang dari angket yang disebarkan, sekitar 85% dari peserta menyatakan bercita-cita kuliah di Unand. Pada sesi diskusi, jawaban juga disampaikan oleh beberapa dosen diantaranya oleh Dr. M. Ali shafii dan Arif Budiman, M.Si. (rel)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini