Mencetak Penghapal Alquran di Rumah Tahfiz Pejuang Subuh

×

Mencetak Penghapal Alquran di Rumah Tahfiz Pejuang Subuh

Bagikan berita
Foto Mencetak Penghapal Alquran di Rumah Tahfiz Pejuang Subuh
Foto Mencetak Penghapal Alquran di Rumah Tahfiz Pejuang Subuh

PADANG - Kehadiran rumah-rumah Quran di tengah masyarakat, khususnya umat Islam, memberikan manfaat sangat besar. Terutama mencetak generasi penghafal Al Quran terbaik.Salah satu rumah Quran yang aktif di Kota Padang adalah Rumah Tahfiz Pejuang Subuh di Tabing, Jalan Selasih, Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Rumah Tahfiz itu sudah berdiri sejak tahun 2015.

Dawani (21), salah seorang guru tahfiz di sana mengatakan, motivasi dari pendirian rumah tahfiz itu adalah ingin mensyiarkan agama Allah dan mensyiarkan Al-Qur'an serta membangun generasi yang lebih baik.Saat ini, jumlah guru tahfiz di Rumah Quran Pejuang Subuh ada tujuh orang, terdiri dari 3 ustaz dan 4 ustazah. Sedangkan jumlah santrinya sebanyak 100 orang.

Rumah tahfiz itu sangat mengedepankan kedisiplinan. Ketika datang, santri harus membawa perlengkapan belajar, seperti Al-Qur'an, iqra', buku tulis, pulpen dan lain-lain. Ketika bertemu ustaz/zah, santri-santri harus mempunyai adab, seperti menyalam dan menyapa dengan sopan dan baik.Rumah tahfiz itu juga mengajarkan tentang kepribadian Rasullullah SAW. Akhlak Rasulullah ditanamkan pada jiwa setiap santri. Di samping itu, para orang tua santri juga mengikuti kajian mingguan, bulanan, dan memperingati hari-hari besar Islam.

"Ketika pulang dari rumah tahfiz, santri mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat," ujar Dawani saat ditemui Singgalang, Rabu (26/10).Dikatakan, pembinaan akhlak yang diajarkan di Rumah Tahfiz Pejuang Subuh menggunakan metode yang lemah lembut. Dan, itu diawali dari akhlak gurunya yang bisa memberi contoh, jelasnya. (wahyu)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini