PADANG - Apical Group, salah satu pengolah minyak nabati terkemuka dan produsen minyak goreng sehat dan berkelanjutan, menggelar bazaar minyak goreng dan edukasi soal Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp.14 ribu kepada masyarakat di Pasar Raya Padang, Rabu (5/4).Dalam kegiatan bertajuk “Ngabuburit Bersama Apical” ini dimulai dengan mengunjungi bazaar minyak goreng Minyakita, minyak goreng program pemerintah yang diluncurkan pada 6 Juli 2022 lalu.
Manumpak Manurung, Head of Industry dan Government Relations Apical mengungkapkan, rangkaian kegiatan bazaar minyak goreng dan edukasi HET ini bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat memenuhi salah satu kebutuhan pokoknya, yakni minyak goreng, khususnya selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dengan harga yang terjangkau."Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud dukungan Apical terhadap kebijakan domestic market obligation (DMO) yang dikeluarkan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan," ujar Manumpak kepada awak media, Rabu kemarin.
Dia mengatakan kalau Apical berkomitmen melaksanakan bazaar dan edukasi ini di beberapa kota sebagai upaya membantu pemerintah dalam menjamin stabilisasi harga dan pasokan.Menurutnya, kegiatan yang diselenggarakan Apical ini dilakukan untuk menyikapi adanya kurangnya pasokan Minyakita, serta melonjaknya harga Minyakita yang telah melampaui HET beberapa bulan terakhir khususnya saat bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.
”Seperti kita ketahui bahwa dari beberapa bulan terakhir sempat berkurang pasokan Minyakita di berbagai daerah dan melonjaknya harga Minyakita di atas HET Rp 14 ribu. Bertepatan dengan bulan Ramadan ini, kami berupaya mendukung pemerintah tidak hanya dengan menyediakan minyak goreng dengan harga sesuai HET untuk masyarakat melainkan juga membantu masyarakat lain untuk mendapatkan minyak goreng dengan harga HET dimanapun mereka berada melalui edukasi," ulas Manumpak.Pihak dari Apical juga mengedukasi para pengunjung bazaar jika menemukan Minyakita dengan harga di atas HET yang telah ditetapkan untuk dapat menyampaikan pelaporan ke minyakita@apicalgroup.com untuk dapat dipantau lebih lanjut oleh pihak regulator.
Diketahui, kegiatan edukasi terkait HET dan bazaar minyak goreng dengan harga terjangkau juga telah dilangsungkan oleh Apical di sejumlah pasar tradisional di Jakarta sejak Februari 2023, serta turut berpartisipasi dalam kegiatan bazaar yang digelar di sejumlah instansi Pemerintahan di Jakarta, seperti di Kementerian Pertanian serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.Tidak hanya itu, kegiatan serupa juga telah dilakukan di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Mojosari, Jember, Madiun, Magetan, dan Malang.
Di Padang, kegiatan edukasi HET dan bazaar minyak goreng telah dilakukan di sejumlah titik, yakni di Kecamatan Nanggalo pada 27 Maret, Kecamatan Koto Tangah pada 28 Maret, serta Kecamatan Kuranji pada 29 Maret.Kegiatan di tiga kecamatan di Kota Padang itu juga terselenggara dengan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kota Padang melalui pasar murah.Tak hanya di Pasar Raya Padang, kegiatan bazaar minyak goreng sesuai HET ini juga rencananya akan diadakan di Masjid Raya Sumbar pada 14 April mendatang.Pada penyelenggaran bazaar serta edukasi HET di sejumlah wilayah tersebut, Apical berkolaborasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sebagai holding BUMN pangan dalam mendistribusikan Minyakita di pasar-pasar tradisional seluruh Indonesia sesuai arahan Pemerintah.
Dalam momentum bulan puasa ini, Apical memberikan program lebih pada masyarakat dengan berkontribusi untuk masyarakat selama Ramadhan dengan melanjutkan bazaar minyak goreng dan edukasi HET di sejumlah wilayah operasional perusahaan seperti di Balikpapan serta Riau, sebagai wujud komitmen bersama dalam ketersediaan minyak goreng HET dan menjaga pasokan minyak goreng dengan harga terjangkau untuk masyarakat menjelang Lebaran.Rangkaian kegiatan “Ngabuburit Bersama Apical” ini dilanjutkan dengan mengunjungi panti asuhan Ridho Rahmat yang bertempat di Kampung Tuo, Mata Air, untuk memberikan santunan kepada puluhan anak yatim/piatu serta bantuan kebutuhan pokok untuk bagi pengurus panti yang digunakan untuk operasional panti.
Julianus Tarigan, General Manager PT Padang Raya Cakrawala (PT PRC - Apical Group) menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar Apical di Kota Padang ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR), khususnya bazaar dan santunan untuk anak panti asuhan yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan.“Pada momentum bulan Ramadan ini kami ingin berbagi kebahagiaan bersama adik-adik dari panti asuhan Ridho Rahmat, yang mana wilayahnya dekat dengan PT PRC. Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat sekitar, yang juga sejalan dengan filosofi perusahaan kami yakni keberadaan perusahaan harus bermanfaat untuk masyarakat atau good for community,” tambah Julianus.
Seperti diketahui juga, Apical adalah pengolah minyak nabati terkemuka dengan jejak global yang berkembang. Proses pengolahan mid-stream yang terintegrasi secara vertikal dan pemrosesan hilir dengan nilai tambah menjadikan Apical sebagai pemasok integral yang mendukung kebutuhan pangan, pakan ternak, oleokimia dan bahan bakar yang dibutuhkan oleh setiap industri.Hingga saat ini, dengan aset terintegrasi di lokasi yang strategis mencakup Indonesia, Cina, dan Spanyol, Apical mengoperasikan sejumlah kilang, pabrik oleokimia, pabrik biodiesel, dan pabrik penghancur kernel. Melalui usaha patungan, Apical juga memiliki operasi pemrosesan dan distribusi di Brasil, India, Pakistan, Filipina, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat dan Vietnam. (Wahyu)
Editor : Eriandi