Mahfud Ajak Media Tangkal Serangan Fajar Pemilu

Ă—

Mahfud Ajak Media Tangkal Serangan Fajar Pemilu

Bagikan berita
Foto Mahfud Ajak Media Tangkal Serangan Fajar Pemilu
Foto Mahfud Ajak Media Tangkal Serangan Fajar Pemilu

JAKARTA – Para pemimpin media, baik Lembaga Penyiaran Publik (LPP) maupun Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) diajak untuk melawan serangan fajar yang merupakan bagian dari politik uang, untuk membangun Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Berintegritas dan Berkualitas.“Serangan fajar itu bagian dari penyakit pemilu yang bersumber dari politik uang. Di antara gangguan terhadap pemilu berkualitas dan berintegritas itu ada dua, satu politik idenditas, kedua politik uang,” ujar Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika (Plt Menkominfo), Mahfud MD, dalam Media Gathering Sosialisasi Pemilu 2024 “Hajar Serangan Fajar” di Hotel Pullman, Jakarta, pada Senin (3/7/2023).

Selain itu, lanjut Plt Menkominfo Mahfud, hasil survei LIPI 2019 mengungkapkan sebanyak 47,4 persen responden membenarkan bahwa pemilu 2019 diwarnai oleh politik dan 46,7 persen menganggap politik uang itu bisa dimaklumi.“Itu menjadi peringatan bagi kita semua politik uang selalu ada,” imbuhnya.

Plt Menkominfo Mahfud menuturkan, serangan fajar memiliki dua jenis sasaran yakni perorangan yang diberikan melalui amplop dan borongan yang diberikan melalui sponsor dengan kompensasi bermacam-macam, seperti izin proyek dan lainnya.Petugas Pemilu juga tak luput dari serangan fajar dengan tujuan untuk mendongkrak jumlah suara calon tertentu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tingkat Kabupaten dengan memanfaatkan celah tidak adanya saksi yang dikenal.

“Mari kita buatkan rasa cinta kita terhadap bangsa ini agar akan menjadi jauh lebih baik manakala kita menyelenggarakan demokrasi lebih baik dan pemilu yang bermartabat, itu sangat penting artinya jika selalu disuarakan oleh media massa,” tutur Plt Menkominfo.Direktur Jenderal Infomasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong, menambahkan untuk mewujudkan pemilu yang demokratis berintegritas bermartabat, jujur, adil dan transparan.

Pihaknya bersinergi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengkampanyekan antipolitik uang dengan tag line Hajar Serangan Fajar. (aci)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini