Sepucuk Surat untuk Jokowi, 1,5 Juta M3 Debu Vulkanik Mengancam

×

Sepucuk Surat untuk Jokowi, 1,5 Juta M3 Debu Vulkanik Mengancam

Bagikan berita
Gubernur Mahyeldi bersama Presiden Joko Widodo saat meninjau kerusakan dampak bencana banjir lahar dingin dan longsor di Bukik Batabuah, Agam, Selasa (21/05/2024). Ist
Gubernur Mahyeldi bersama Presiden Joko Widodo saat meninjau kerusakan dampak bencana banjir lahar dingin dan longsor di Bukik Batabuah, Agam, Selasa (21/05/2024). Ist

Pemprov juga memohon kepada Kepala Negara untuk bisa dibangun flyover Lembah Anai. Juga rekonstruksi infrastruktur jalan nasional yang terban akibat banjir bandang 11 Mai 2024 di Kawasan Lembah Anai.

Dalam surat dua halaman itu, disampaikan juga Flyover, usulkan karena pada1892, hal serupa pernah terjadi dan menyapu habis kawasan tersebut samaseperti saat ini. kondisi 5 tahun terakhir kawasan ini juga sering dilanda banjir.

“Mengingat jalan nasional Lembah Anai ini dijepit oleh tebing dan sungai,dengan kiri serta kanan jalan merupakan kawasan suaka alam, sedang jalan sangat padat lalulintas karena merupakan kawasan wisata, maka alternatif terbaik rekonstruksi jalan ini dengan membuat flyover, “tulis Gubernur.

Jalan tol

————————

Disampaikan pula kepada Presiden, lanjutan pembangunan tol Padang – Pekanbaru yaitu Sseksi : Sicincin -Bukittinggi – 50 Kota, sangat mendesak.

“Ketika terjadi bencana banjir bandang 11 Mei2024, secara bersamaan terputus juga jalan nasional Padang-Bukittinggi,Padang-Solok dan Padang-Sungai Penuh, sehingga menyulitkan proses evakuasidan mobilisasi bantuan, personil dan relawan dari Padang, karena sudah terisolasi.

“Jika tolada maka dapat digunakan sebagai jalur evakuasi dan pengiriman bantuansecara cepat untuk warga yang terdampak bencana, untuk itu kami bersamaBupati Tanah Datar, Bupati 50 Kota, Bupati Agam, Bupati Padang Pariaman,Walikota Padang Panjang dan Walikota Bukittinggi berkomitmen mendukungpenuh proses pembebasan lahannya,” sebut Gubernur Mahyeldi.

Hal berikut yang diminta bantuan Presiden Jokowi, percepatan pembangunan flyover Sitinjau Laut. Jalur maut itumerupakan kawasan jalan nasional lintas Sumatera yang menghubungkan Padang sebagai hub (simpul) ekonomi Sumatera Barat dengan seluruh wilayahlainnya.

“Hambatan terbesar di ruas jalan ini adalah kemiringan yangekstrem serta bahaya longsor yang tinggi,” tulis Mahyeldi lagi.

Editor : yoserizal
Bagikan

Berita Terkait
Terkini