BNPB Pasang Sirene dan Papan Informasi Kebencanaan di Lokasi Galodo

×

BNPB Pasang Sirene dan Papan Informasi Kebencanaan di Lokasi Galodo

Bagikan berita
Tim survei sirine BNPB menentukan titik lokasi pemasangan dibantu oleh perangkat Wali Nagari Sungai Jambu, Kabupaten Tanah Datar pada Selasa (11/6).
Tim survei sirine BNPB menentukan titik lokasi pemasangan dibantu oleh perangkat Wali Nagari Sungai Jambu, Kabupaten Tanah Datar pada Selasa (11/6).

Selain tim survei rambu-rambu mitigasi, tim lain yang bergerak pada hari yang sama melaksanakan survei titik lokasi pemasangan sirine peringatan bahaya galado di wilayah Kabupaten Tanah Datar.

Selasa (11/6), tim survei sirine meninjau lokasi pemasangan sirine di sepanjang aliran sungai Batang Jambu, Tanah Datar. Terdapat lima titik lokasi yang disurvei antara lain di Bak Air Nagari Sungai Jambu, Masjid Ubudiyah di Nagari Parambahan, Masjid Nurul Huda Silabuak, Masjid Al Ikhlas Nagari Limo Kaum, dan Masjid Ihsan Nagari Rambatan.

Tim survei sirine perlu memastikan bahwa lokasi pemasangan sirine benar merupakan wilayah di jalur aliran sungai dengan potensi kerentanan bencana cukup tinggi. Adapun beberapa kriteria pemilihan lokasi penempatan sirine ini menyangkut keamanan alat dan kesiapasiagaan personil jika sewaktu-waktu BPBD menginstruksikan pembunyian sirine.

Setelah tim survei sirine memperoleh titik lokasi pemasangan yang dianggap pas, tim kemudian menemui Wali Nagari setempat untuk koordinasi awal rencana pemasangan sirine di wilayah otoritasnya. Audiensi singkat bersama Wali Nagari ini tujuannya mendorong komitmen nagari dalam menjaga keberlanjutan sirine tanda bahaya ini. BNPB juga mendorong para Wali Nagari untuk kedepannya rutin mengajak warganya melakukan simulasi dan latihan evakuasi mandiri jika sirine dibunyikan.

Perihal tindak lanjut berikutnya, Direktorat Mitigasi akan berkoordinasi dengan BPBD dan pemerintah desa setempat untuk pemasangannya. Selanjutnya, BNPB dan BPBD Kabupaten Tanah Datar akan memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat agar mereka memahami tujuan pemasangan papan informasi, rambu evakuasi dan sirine. Berton berharap warga dapat menjaga papan, rambu, dan sirine tersebut. (r)

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini