Jadwal Puasa Muharram Mulai 7 Juli 2024, Keutamaan dan Niatnya

×

Jadwal Puasa Muharram Mulai 7 Juli 2024, Keutamaan dan Niatnya

Bagikan berita
Ilustrasi Puasa Muharram Mulai 7 Juli 2024 (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi Puasa Muharram Mulai 7 Juli 2024 (foto: Ideogram AI)

SINGGALANG - Berikut jadwal puasa Muharram yang dimulai pada hari ini, Minggu tanggal 7 Juli 2024 dan menyusul dua hari setelahnya.

Seperti yang diketahui, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda seperti hadits riwayat HR Tirmidzi terkait keutamaan berpuasa Muharram.

"Setelah Ramadhan, maka berpuasa lah di Bulan Muharram karena saat itu dikenal dengan masa bertaubat. Allah SWT akan menerima taubat kaum," (HR Tirmidzi).

Sekedar informasi bahwa 1 Muharram jatuh pada 7 Juli 2024, selain itu adapula jadwal puasa lain yaitu Puasa Tasyu'a 9 Muharram yang bertepatan tanggal 15 Juli 2024.

Adapula Puasa Asyura 10 Muharram pada Selasa, 16 Juli 2024. Tidak hanya, adapula Puasa Ayyamul Bidh yang selalu ada setiap bulan dengan durasi selama 3 hari.

Keutamaan Puasa Muharram

Dalam Hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh at-Thabarani dalam al-Mu’jamus Shaghir, menjelaskan keutamaan sehari puasa pada Muharram akan dapat pahala seolah 30 hari puasa.

Bahkan, puasa pada 10 Muharram disebut dapat jadi pelebur dosa yang telah berlalu sesuai sabda Rasulullah SAW. "Puasa Asyura melebur dosa setahun lalu," demikian riwayat dari HR Muslim.

Niat Puasa

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i fardhi syahri Muharram hadzihis sanati lillahi ta'ala

(*)

Editor : RC 015
Bagikan

Berita Terkait
Terkini