Daftar Bank Penyalur KUR 2024 Bunga 3 Persen Pertahun, Ini Simulasinya!

×

Daftar Bank Penyalur KUR 2024 Bunga 3 Persen Pertahun, Ini Simulasinya!

Bagikan berita
Ilustrasi pinjaman Bank KUR Super Mikro BRI dan Mandiri (foto: Ideogram AI)
Ilustrasi pinjaman Bank KUR Super Mikro BRI dan Mandiri (foto: Ideogram AI)

SINGGALANG - Ada 2 daftar bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2024 yang tawarkan pembayaran cicilan bunga, hanya 3% per tahun.

Yaitu BRI (Bank Rakyat Indonesia) dan Mandiri, tapi ada syarat pengajuan pinjaman yaitu harus nominal pinjaman (plafon) maksimal Rp10 juta.

Karena untuk peroleh kesempatan bayar cicilan dengan bunga 3% per tahun, calon debitur harus memilih produk pinjaman KUR Super Mikro BRI dan Mandiri.

Selain itu dari semua daftar bank penyalur KUR, cuma BRI dan Mandiri yang menawarkan plafon maksimal Rp10 juta atau produk KUR Super Mikro tersebut.

Sementara, pinjaman bank jenis KUR pada penyalur lain hanya memberikan pembiayaan produk KUR Mikro plafon di atas Rp10 juta dan KUR Kecil Rp50-500 jutaan.

Seperti yang diketahui, bahwa produk KUR Mikro dan KUR Kecil memiliki aturan pembayaran bunga 6% per tahun bagi pengajuan pertama, kalau pengajuan kedua 7%.

Beda dengan KUR Super Mikro yang aturan bayar bunga nya hanya 3% per tahun, mau berapa kali pun pengajuan pinjaman. Ini merupakan aturan baru, per tahun 2024 ini.

Sekedar informasi bahwa tahun-tahun sebelumnya, berapa pun plafon pengajuan dan seberapa sering pengajuan, aturan bayar bunga di-samaratakan yaitu 6% per tahun.

Berbeda dengan tahun 2024 ini, dimana produk KUR Super Mikro plafon maksimal Rp10 juta cuma bayar bunga 3% per tahun, bebas mau pengajuan berapa kali selama limit masih ada.

Kalau produk KUR Mikro plafon di atas Rp10 juta menawarkan aturan bayar bunga 6% setahun bagi pengajuan pertama saja, kalau sudah 2 dan 3 kali sampai limit habis, ada kenaikan bunga.

Editor : RC 015
Bagikan

Berita Terkait
Terkini