Ridwan Efendi Dilewakan Gelar Sako Datuk Luak Cumano

×

Ridwan Efendi Dilewakan Gelar Sako Datuk Luak Cumano

Bagikan berita
Ridwan Efendi Datuk Luak Cumano jo kerabat (yusnaldi)
Ridwan Efendi Datuk Luak Cumano jo kerabat (yusnaldi)

BATUSANGKAR - Pasukuan Payobadar Jorong Lareh Nan Panjang Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting memilki penghulu baru dengan batagak gala, Selasa (9/7).

Gala Sako itu diberikan pada Ridwan Efendi bergelar Datuk Luak Cumano.

Pada prosesi adat digelar di surau Sopan Lareh Nan Panjang diikuti Ketua LKAAM Tanah Datar Dt. Andomo, Staf Ahli Bupati Erizal Nur, Ketua KAN Atar B. Dt. Rajo Dubalang, Wali Nagari Atar Dasmeri dan Forkopimca Padang Ganting.

Ketua LKAAM A. Dt. Andomo saat itu menyampaikan bait melawakan gelar Dt. Luak Cumano dihadapan 20 ninik mamak dan masyarakat Nagari Atar.

Kemudian berpesan agar semangat pelaksanaan batagak gala yang digelar di surau itu bermakna adanya kekuatan syarak dan adat mesti terjalin dalam kehidupan bermasyatakat.

Ketua LKAAM minta seorang panghulu meniru sifat Nabi Muhammad, SAW. sebagai Sayidina yang berarti penghulu diantara penghulu.

"Teladani sifat Nabi Muhammad, SAW dalam kehidupan sehari-hari, karena Nabi telah menjadi Sayidina atau penghulu diantara pengulu," ucapnya.

Katanya, sifat Nabi, yakni shidiq atau benar, amanah (dipercaya), fathona atau (cerdas) dengan visi kedepan dan tabligh (menyampaikan) nasehat, kesemuanya mesti dilakukan seorang penghulu.

Wali Nagari Atar Dasmeri menyatakan selamat atas gelar sako bagi R. Dt. Luak Cumano. Ia berharap agar menjadi penghulu amanah dan diridhoi, karena telah didukung atas kebersamaan dan seluruh masyarakat Nagari Atar pada tiga jorong dan datuk 20.

Hal senada disampaikan Staff Ahli Bupati Erizal Nur. Ia menyampaikan pesan, dan ucapan selamat atas gelar pada Ridwan Efendi Datuk Luak Cumano.

Editor : Rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini