Terkuak! Anies Pernah Ditawari Jadi Kader PKS Tapi Menolak

×

Terkuak! Anies Pernah Ditawari Jadi Kader PKS Tapi Menolak

Bagikan berita
Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jakarta Khoirudin. (Foto: detikcom)
Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jakarta Khoirudin. (Foto: detikcom)

SINGGALANG - Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan pernah ditawari untuk menjadi kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Hal itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jakarta Khoirudin dilansir dari YouTube Kompascom Reporter on Location, Selasa, 13 Agustus 2024.

Ia menyebutkan, pernah menawarkan Anies Baswedan untuk menjadi kader PKS.

Menurutnya, pengkaderan Anies bisa menjadi solusi agar bisa diusung PKS menjadi calon gubernur, dan bermitra koalisi dengan partai lain yang berkesempatan menjadi calon gubernur.

Namun tawaran tersebut tidak disambut baik oleh Anies Baswedan karena mengaku ingin netral, dan tidak berpartai.

"Saya pernah sampaikan langsung ke pak Anies agar kalau tidak menerima pak Iman maka pak Anies bisa mengenakan jaket putih masuk sebagai kadar PKS. Jadi nanti sebagai calon gubernur dari PKS sehingga bisa mengambil calon wakil Gubernur dari luar PKS," katanya.

"Tetapi waktu itu pak Anies tidak menyambut positif ajakan tersebut malah menyampaikan keinginan pak Anies untuk netral," katanya lagi.

Ia menjelaskan, bahwa PKS telah memberikan tenggat waktu kepada Anies untuk mencari mitra koalisi agar pasangan cagup cawagup Anies-Mohammad Sohibul Iman bisa berlayak namun 40 hari setelah permintaan PKS itu hasilnya nihil.

Sebelumnya, Anies Baswedan mengaku sempat kaget dengan pernyataan Juru Bicara PKS yang menyebut ada batas waktu dari DPP PKS untuk Anies mencari partai koalisi.

Hal tersebut disampaikan Anies dalam rekaman suara yang ditujukan kepada Ketua DPW PKS dan bocor di media sosial pada 11 Agustus 2024.

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Kompascom Reporter on Location
Bagikan

Berita Terkait
Terkini