Hangzhou, Inilah Kota Jack Ma yang Keren Itu

×

Hangzhou, Inilah Kota Jack Ma yang Keren Itu

Bagikan berita
Bersiap-siap naik bus menuju pabrik semen di China (foto werry)
Bersiap-siap naik bus menuju pabrik semen di China (foto werry)

Khairul Jasmi

Jam 05 pagi, lewat sedikit, Senin (26/8) saya sudah berada di lobi hotel Hyatt Place, Bandar Udara Internasional Xiaoshan, Hangzhou. Belum buka. Sabar satu jam lagi. Saya mencoba keluar, sepi. Dimanakah Jack Ma?

Saya di Hangzhou sekarang, kota tempat dilaksanakannya Asian Games 2022 dan KTT G20 yang ke-11 pada 2016. Bandaranya sebesar kampung. Dari turun pesawat, berjalan sampai letih baru tiba di tempat pengambilan bagasi. Orang berjalan ramai, seperti semut keluar dari sarang.

Dua bandara sudah saya lihat. Jika ini bisa dijadikan contoh, maka China sangat maju. Bandara dipenuhi anak muda, yang perempuannya mayoritas berpakaian ringkas. Yang lain, berpasangan dengan satu anak. Mereka ligat-ligat. Menyeret koper, yang duduk buka laptop dan bermain telepon genggam. Gagah dan cantik.

Hangzhou, ibukota dan kota terpadat di Zhejiang. Dekat dari Shanghai kota yang acap muncul dalam film Hollywood itu. Kota ini masuk kelompok metropolitan paling makmur di China.

Di sini ada Danau Barat, yang sudah jadi warisan dunia Unesco.

Hangzhou satu dari 100 kota pusat keuangan dunia.

Baca juga: Adab di Lutut

Hangzhou kota yang luasnya 16 ribu Km persegi dengan penduduk 12 juta jiwa. Pertumbuhan ekonominya 6,7 persen. Dan inilah kota Alibaba raja internet yang terkenal itu. Para miliarder berkumpul di sini, maka tak heran kota ini bertengger di peringkat 11 orang kaya dunia, 6 di Tiongkok. Nomor 1 tentu Beijing disusul Shanghai, Hongkong, Shenzhen dan Guangzhou.

Bekas kota dinasti ini, adalah bagian dari sejarah China yang amat panjang dan jauh ke belakang. Pernah jadi pusat Tiongkok di Utara di bawah Dinasti Jin. Ah dinasti-dinasti ini, sebaiknya tonton saja film Hongkong. Tapi, kata catatan:

Editor : Bambang Sulistyo
Bagikan

Berita Terkait
Terkini