Prof Deng Rongjuan Disimak Profesor Werry, Saya Pura-pura Paham Saja

×

Prof Deng Rongjuan Disimak Profesor Werry, Saya Pura-pura Paham Saja

Bagikan berita
Perempuan proseonak, Prof Deng sedang diskusi hal-hal amat teknis soal pabrik semen kepada Dirut Semen Padang di Tianjin. (Izl)
Perempuan proseonak, Prof Deng sedang diskusi hal-hal amat teknis soal pabrik semen kepada Dirut Semen Padang di Tianjin. (Izl)

Khairul Jasmi

Saya tak tahu, apa Profesor Werry Darta Taifur paham detail seluk-beluk pabrik semen, yang jelas saya tidak. Dan, mantan rektor Unand ini, seperti juga saya menyimak penjelasan dari

Prof Deng Rongjuan. Ia diskusi mendalam dengan Dirut PT Semen Padang Indrieffouny Indra, seusai miting yang serius.

Saya serius juga, sebab jika tidak, banyak betul kalah saya. Diskusi pagi soal pabrik, mesin-mesin, bagian-bagian penting dalam pabrik semen itu, berlangsung pada pagi yang tenang, di sebuah ruangan kantor Sinoma, Tianjin, Tiongkok, Kamis (30/8/2024).

Baca juga: Adab di Lutut

Prof. Deng memaparkan isi perut pabrik semen bersama ahli lainnya, Sun. Tentu saja Arif yang didampingi Iskandar Lubis, sangat paham pabrik semen. Ikut menyimak, Boy Aditya Prakarsa SVP of Project Management Office, Semen Indonesia.

Makin paham seseorang, kian perlu diskusi dengan orang yang juga paham. Dari sanalah akan haril rekayasa enginering dan temuan-temuan yang bisa menggantikan hal lama. Riset hampir selalu diawali diskusi oleh pakar dan perenungan.

Pabrik dipermak

Di China banyak pabrik yang dipermak, salah satunya pabrik semen yang sudah berusia 20 tahun, yaitu China United Cement Corporation (CUCC) di Xuzhou, Qingzhou. Pabrik ini pada 2024 sudah berusia 20 tahun. Awalnya kapasitas terpasang 10 ribu ton/ hari naik menjadi 13 ribu ton/ hari, setelah dipermak.

Permak pabrik ini, dilakukan memang secara “ekstrim,” tapi tak ekstrim-ekstrim benar.

Rombongan Semen Padang dan Semen Indonesia yang berkunjung dua hari sebelumnya ke pabrik itu, mendapat penjelasan detail kenapa mesti pabrik itu dipermak.

Editor : MELDA RIANI
Bagikan

Berita Terkait
Terkini