Balai Bahasa Sumbar Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif

×

Balai Bahasa Sumbar Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif

Bagikan berita
Balai Bahasa Sumbar Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif
Balai Bahasa Sumbar Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif

PADANG - Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Uji Coba Instrumen Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka 2024 selama dua hari, Rabu - Kamis (28-29/8) di Hotel Truntum.

Kegiatan uji coba instrumen UKBI ini diikuti sekitar 60 orang peserta yang terdiri dari kalangan profesional, seperti guru, dosen dan wartawan.

Kepala Subbagian Umum Balai Bahasa Provinsi Sumbar, Wahyudi saat membuka kegiatan ini mengatakan kalau kegiatan ini penting dalam mendukung pelaksanaan UKBI yang lebih adaptif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Melalui Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif Merdeka ini kita berharap dapat terus meningkatkan kualitas instrumen UKBI sehingga lebih relevan dan dapat diterapkan oleh semua kalangan,” ujar Wahyudi.

Sementara itu, Andriana Yohan, koordinator tim kerja Balai Bahasa sekaligus koordinator UKBI ini bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Dia menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin Balai Bahasa Sumbar yang bertujuan untuk menyempurnakan instrumen uji sehingga UKBI dapat diimplementasikan secara lebih efektif.

"Kegiatan uji coba ini berlangsung selama dua hari dengan peserta yang berbeda setiap harinya, memastikan bahwa berbagai perspektif dan masukan dari peserta dapat diperoleh untuk menyempurnakan instrumen UKBI tersebut," ulasnya.

Pihak Balai Bahasa pun berharap dengan pelaksanaan uji coba ini, instrumen UKBI yang akan diujikan nantinya dapat memenuhi standar kualitas yang lebih tinggi dan dapat diterima oleh semua kalangan.

Dia juga menyebutkan, kegiatan ini tidak hanya menjadi wadah bagi para peserta untuk berkontribusi dalam pengembangan instrumen UKBI, tetapi juga sebagai langkah strategis dalam mempersiapkan pengujian yang lebih komprehensif dan inklusif di masa depan.

Editor : Rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini