Gempa Mengguncang Bandung Operasional Kereta Cepat Whoosh Dihentikan

×

Gempa Mengguncang Bandung Operasional Kereta Cepat Whoosh Dihentikan

Bagikan berita
Gempa Mengguncang Bandung Operasional Kereta Cepat Whoosh Dihentikan
Gempa Mengguncang Bandung Operasional Kereta Cepat Whoosh Dihentikan

JAKARTA - Gempa yang terjadi di Wilayah Kabupaten Bandung pada pukul 09.41 WIB dengan kekuatan 5 skala richter berdekatan dengan lokasi jalur Kereta Cepat Whoosh pada hari, Rabu (18/9) kemarin, berdampak dihentikannya operasional Kereta Cepat Whoosh Bandung - Jakarta, dan sebaliknya.

"Guna memastikan keselamatan dan keamanan sejumlah perjalanan terpaksa dibatalkan. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) saat ini sedang melakukan pemeriksaan menyeluruh pada area jalur Whoosh," ungkap Eva Chairunisa, Corporate Secretary PT KCIC kepada Singgalang di Jakarta, Rabu (18/9).

Untuk itu, ujar Eva, PT KCIC menyampaikan permohonan maaf atas pembatalan sejumlah perjalanan kereta cepat Whoosh sebagai dampak terjadinya gempa bumi tersebut. Menurutnya, gempa tersebut terjadi berulang hingga 8 kali dengan kekuatan beragam sesuai informasi yang disampaikan oleh BMKG.

"Sesuai SOP Keselamatan dan Keamanan Tim Kerja KCIC langsung melakukan pemeriksaan menggunakan Rail Car atau kereta perawatan," tuturnya, detaya menyebutkan pemeriksaan menyeluruh membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk memastikan tidak ada faktor eksternal yang dapat mengganggu halur KCJB, seperti : longsoran bukit batu di kanan kiri trase, longsoran tanah atau dampak alam lainnya.

Dikatakan, pemeriksaan menyeluruh dilakukan untuk semua Jalur sepanjang 144 Km dengan kondisi jalur yang sebagian besar melalui area perbukitan, adapun jalur kereta Whoosh terdiri dari struktur jembatan dengan total panjang 82 km, 13 terowongan dengan total panjang 17 km, dan jalur KA diatas tanah sepanjang 42 km

Sementara ini, terang Eva, berdasarkan pantauan awal di OCC ( Operation Controll Center) Tegalluar atas semua sensor yang terpasang dan visualisasi dari pantauan 1.399 CCTV yang tersebar di semua jalur, sampai dengan saat ini tidak terlihat kerusakan di Prasarana KCJB

Untuk jelasnya, tambah Eva, berikut daftar sejumlah jadwal perjalanan Whoosh yang dibatalkan :

Rute Halim - Tegalluar :

1. KA G1223 keberangkatan 09.47

2. KA G1225 keberangkatan 10.20

Editor : Rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini