BPKH Gelar Seminar Nasional Bersama Unand

×

BPKH Gelar Seminar Nasional Bersama Unand

Bagikan berita
BPKH Gelar Seminar Nasional Bersama Unand
BPKH Gelar Seminar Nasional Bersama Unand

PADANG - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bekerja sama dengan Universitas Andalas mengadakan Seminar Nasional dengan tema "Investasi Keuangan Haji oleh BPKH: Antara Kepastian Hukum dan Keadilan Bagi Jemaah Haji dalam Bingkai Keputusan Ijtima' Ulama, di Gedung Serba Guna Fakultas Hukum, Kamis (26/9).

Seminar ini mengundang berbagai tokoh dari kalangan akademisi, ahli hukum, dan pemerintah. Kegiatan ini membahas pentingnya kepastian hukum dan keadilan dalam pendistribusian nilai manfaat hasil pengelolaan dana haji kepada jemaah haji Indonesia.

Kepala BPKH, Fadlul Imansyah, mengatakan, acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait pengelolaan keuangan haji yang semakin menjadi sorotan setelah dikeluarkannya Fatwa Ijtima' Ulama VIII.

Fatwa Ijtima' Ulama VII menyatakan, bahwa pemanfaatan hasil investasi dari setoran awal calon jemaah haji untuk membiayai jemaah lain adalah haram. Fatwa ini menjadi tantangan baru bagi BPKH, mengingat BPKH bertanggung jawab atas pengelolaan dana haji secara transparan, akuntabel, sesuai dengan prinsip syariah dan mematuhi regulasi nasional.

Rekomendasi fatwa ini agar adanya perbaikan tata kelola keuangan haji pada Undang-Undang dan menjadikan fatwa ini sebagai panduan dalam mengelola dana haji di masa depan.

Sebagai badan hukum publik yang bertugas mengelola dana haji, BPKH menyadari pentingnya mengadopsi rekomendasi ini sambil tetap mematuhi peraturan per undang-undangan yang berlaku.

Revisi terhadap Undang-Undang No. 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan KeuanganHaji pun sedang diupayakan untuk memberikan kepastian hukum yang lebih baik dan memenuhi rasa keadilan bagijemaah haji.

Kepala BPSDN Kementerian Hukum dan HAM RI, mengatakan, Undang-Undang nomor 34 tahun 2014 dan PP nomor 5 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan haji harus segera dilakukan agar mampu menjawab tantangan global, khususnya dalam investasi dana haji yang lebih produktif dan sesuai syariah seperti menambahkan aspek: investasi langsungluar negeri, mekanisme pembagian nilai manfaat, dan pengawasan yang lebih transparan.

"Investasi dana haji saat inimasih terfokus pada instrumen yang aman, namun memberikan imbal hasil yang relatif rendah, perlu mencari instrumen yang lebih inovatif yang sesuai dengan prinsip syariah serta memberi nilai manfaat yang tinggi bagi jamaah," katanya.

Editor : Rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini