Damkar Agam dan PMI Bukittinggi Berhasil Selamatkan Korban Masuk Sumur

×

Damkar Agam dan PMI Bukittinggi Berhasil Selamatkan Korban Masuk Sumur

Bagikan berita
Petugas Damkar Agam turun ke sumur mengevakuasi Ramli Rajo Nan Sati yang terjebak dalam sumur. (Maswir Chaniago)
Petugas Damkar Agam turun ke sumur mengevakuasi Ramli Rajo Nan Sati yang terjebak dalam sumur. (Maswir Chaniago)

Agam, Singgalang -Petugas Damkar Agam yang bermarkas di Pos Biaro, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam bersama PMI Bukittinggi Berhasil menyelamatkan Ramli Rajo Nan Sati (78) yang masuk sumur, Jumat (27/9) pukul 16.00 WIB.

Komandan Regu (Danru) Damkar Pos Biaro, Alex Youhendry kepada Singgalang mengatakan, korban yang merupakan warga Kuruak-kuruak Jorong Bingkudu, Nagari Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang yang berprofesi sebagai penggali sumur itu akan memperbaiki mesin pompa air tetangga pada sebuah sumur dengan kedalaman 18 meter, dan korban tidak mampun naik ke atas.

"Sebelum melaporkan kejadian, keponakan korban, Jonaidi (53) yang juga berprofesi sebagai penggali sumur sudah mencoba menyelamatkan ke dalam sumur, namun korban tidak mau diangkat ke atas karena kurang yakin dengan peralatan seadanya. Akhirnya perangkat nagari menelpon ke petugas Pemadam Pebakaran di Pos Biaro dan PMI Bukittinggi. Berselang 25 menit petugas Damkar dan PMI sampai di tempat kejadian peristiwa (TKP) dengan membawa peralatan vertikal lengkap.

Evakuasi berjalan sangat dramatis, karena kondisi korban sudah sangat lemas, setelah korban diangkat sekitar 10 mèter suasana sangat mengkhawatirkan karena kepala korban sudah mengarah ke bawah.

"Dengan tambahan bantuan peralatan yg ada korban berhasil di angkat ke atas,"ungkap Alex Youhendry.

Ditambahkannya, setelah sampai di atas korban langsung dibawa ke rumah sakit Yarsi Bukittinggi menggunakan ambulan PMI Bukittinggi.

"Saat ini korban masih dirawat di rumah sakit Yarsi dengan kondisi kondisi yang lemas. Evakuasi selesai pukul 18.30 WIB,"sebut Alex.

Operasional PMI di pimpin, Kamal. Sementara petugas Damkar dikomandoi Alex Youhendry. Turut hadir ke TKP Camat Canduang, Syahrul Hamidi. (510)

Editor : MELDA RIANI
Bagikan

Berita Terkait
Terkini