Harga Pertamax Turun Signifikan, Peluang Pertashop Sumbar Meningkat

×

Harga Pertamax Turun Signifikan, Peluang Pertashop Sumbar Meningkat

Bagikan berita
Harga Pertamax Turun Signifikan, Peluang Pertashop Sumbar Meningkat
Harga Pertamax Turun Signifikan, Peluang Pertashop Sumbar Meningkat

PADANG - Pemerintah kembali menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax (RON 92) mulai 1 Oktober 2024.

Penurunan kali ini cukup signifikan, dari sebelumnya Rp 13.250 per liter menjadi Rp 12.550 per liter, atau turun sekitar 13 persen dibanding harga pada periode September 2024.

Azib Fattah Mandala Putra, pemilik Pertashop 1P.261.364 Jorong Pasanehan, Kanagarian Canduang, Kabupaten Agam, menyambut baik kebijakan penurunan harga tersebut.

"Kami sangat mendukung langkah ini. Semoga penurunan harga ini berdampak positif pada penjualan di Pertashop kami," ujar Azib, Selasa (1/10/2024).

Menurutnya, penyesuaian harga ini menipiskan perbedaan harga antara Pertamax (RON 92) dan Pertalite (RON 90), yang membuka peluang bagi konsumen untuk beralih dari Pertalite ke Pertamax.

Apalagi, pada Oktober 2024, Pertamina mulai memberlakukan pengendalian BBM bersubsidi secara bertahap.

"Strategi Pertamina sangat tepat. Ini adalah angin segar bagi Pertashop di Sumatera Barat dan diharapkan mempercepat migrasi pengguna ke Pertamax," tambah Azib.Layanan Hingga Larut MalambSebagai Pertashop yang berada di jalur strategis (Jalan alternatif Padang Panjang – Bukittinggi – Payakumbuh), Pertashop 1P.261.364 buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 23.30 WIB. "Jalur ini padat lalu lintas, baik dari arah Padang Panjang maupun Pekanbaru dan Payakumbuh. Karena itu, kami buka hingga malam untuk melayani pengendara," jelas Azib.Dukungan dari Asosiasi Pertashop

Di tempat lain, Ketua Asosiasi Pertashop Sumbar Bersatu, Ramadanur, mengapresiasi kebijakan Pertamina atas penyesuaian harga ini. "Penurunan harga yang menipiskan jarak antara Pertalite dan Pertamax adalah langkah bagus untuk meningkatkan penjualan di Pertashop," ucap Ramadanur. Ia optimis bahwa dengan harga baru ini, ratusan Pertashop di Sumbar akan kembali bangkit dan menjalankan bisnis BBM berkualitas dengan lebih baik.Harga Pertamax di Pertashop Lebih Murah

Sales Area Manager PT Pertamina Patra Niaga Padang, Narotama Aulia Farzi, menjelaskan bahwa penurunan harga ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam menyesuaikan harga BBM secara berkala. "Seperti periode sebelumnya, ada perbedaan harga Pertamax di SPBU dan Pertashop. Di SPBU, harga Pertamax kini Rp 12.650 per liter, sementara di Pertashop harganya Rp 12.550 per liter," ungkap Narotama.

Sebelumnya, Pertamina telah melakukan penyesuaian harga BBM RON 92 (Pertamax) dalam dua bulan terakhir. Pada Agustus 2024, harga Pertamax masih Rp 14.100 per liter, kemudian turun menjadi Rp 13.250 per liter pada September, dan kembali turun menjadi Rp 12.550 per liter per 1 Oktober 2024. Penurunan harga ini mulai berlaku efektif pada pukul 00.00 WIB.

Editor : Rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini