Lazismu Payakumbuh Kuatkan Peran Zakat dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia

×

Lazismu Payakumbuh Kuatkan Peran Zakat dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia

Bagikan berita
Lazismu Payakumbuh Kuatkan Peran Zakat dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia
Lazismu Payakumbuh Kuatkan Peran Zakat dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia

PAYAKUMBUH- Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) kota Payakumbuh terus membuktikan komitmennya untuk menguatkan peran zakat dalam pembangunan sumber daya manusia. Hal ini ditandai dengan pendistribusian zakat melalui program beasiswa Sang Surya kepada 120 orang mahasiswa di Payakumbuh, Minggu (20/10/2024). Acara ini dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Payakumbuh, Pimpinan Daerah 'Aisyiah Payakumbuh, Wakil Ketua DPRD kota Payakumbuh, Herlinda, Kepala Dinas Pendidikan kota Payakumbuh, Kepala Kantor Kementerian Agama kota Payakumbuh, dan Kepala Dinas Sosial kota Payakumbuh.

Ketua Lazismu kota Payakumbuh,H.Elnigra Dt. Cumano,M.Si.,mengungkapkan, program nyata berupa pemberian beasiswa baik untuk pelajar sekolah dasar maupun mahasiswa terus dilakukan Lazismu Payakumbuh. Dikatakannya, tahun 2024 ini sebesar Rp. 144 juta dana zakat dialokasikan untuk 120 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang memperoleh masing-masing Rp. 1.200.000. Pemberian beasiswa ini, jelasnya, akan terus diberikan secara berkesinambungan.

H. Elnigra menuturkan Lazismu kota Payakumbuh saat ini tengah melakukan transformasi digital untuk mengintegrasi data, memudahkan pembayaran ZIS dan mempercepat proses layanan Lazismu melalui digitalisasi. "Melalui transformasi digital ini, diharapkan target penerimaan dana 1 Milyar lebih di akhir tahun 2024 ini dapat dicapai," ujarnya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Payakumbuh, Dr. Irwandi Nashir, mengucapkan terimakasih kepada para muzakki dan donatur yang telah menyalurkan zakat, infak dan shadaqah mereka ke Lazismu kota Payakumbuh.

Irwandi Nashir juga menyebut Lazismu kota Payakumbuh turut berkontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia di Sumatera Barat. Karena itu, ia minta mahasiswa penerima beasiswa Lazismu untuk bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, mengasah kepedulian sosial, dan turut berjuang bersama Persyarikatan Muhammadiyah dalam mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya sebagai misi utama Muhammadiyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh,Dr.Dasril, melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Drs. Danil Defo, M.Si.,mengapresiasi upaya Lazismu kota Payakumbuh dalam meringankan beban finansial para pelajar dan mahasiswa di kota Payakumbuh melalui program beasiswa secara berkelanjutan.

Editor : Rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini