Bantu Aku Bang, Kirim Nomor Rekeningmu

Foto Harian Singgalang
×

Bantu Aku Bang, Kirim Nomor Rekeningmu

Bagikan opini

Dan sayapun memberi tantangan pertama kepada dia untuk menguasai bahasa Inggris dalam waktu 6 bulan. Dan saya membayar guide disana yang sudah fasih berbahasa Inggris untuk melatih dia berbahasa Inggris conversation tentang pariwisata disana setiap hari. Dan saya ingatkan kepada dia bahwa kalau dia tidak menguasainya dalam waktu 6 bulan program kerjasama saya dengan saya akan berakhir! Dan diapun menerima tantangan tersebut dengan senang.Semenjak kedatangan saya pertama ke Bukit Lawang selanjutnya hampir saya tiap bulan kesana karena trip series bulanan kami jual dengan cabang saya di Inggris selalu fullybooked. Dan Sabar yang saya lihat selalu menampakan improvement yang luar biasa saya tidak melibatkan beliau menjadi porter bahkan saya mulai latih dia khusus untuk mengatur segala keperluan perjalanan kami disana. Dia sudah mulai agak lancar berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Dan kagetnya belum 4 bulan masa perkenalan saya dengan dia dan waktu direstoran Echolodge saya melihat dia asik berbicara dengan seseorang dengan bahasa Spanyol. Wow. Impresonante!Dia mengatakan pada saya bahwa dia juga mulai mempelajari bahasa Spanyol karena disana banyak sekali tamu dari Spanyol tapi tak ada satupun guide disana yang bisa. Saya betul - betul merasa senang melihat perkembangannya dan kejeliannya dalam melihat peluang.

Tantangan ke 2 : Kuasai Leuser National Park!Setelah saya melihat dia bisa menguasai bahasa Inggris dalam waktu cepat dari waktu yang ditentukan malah sudah bisa juga menguasai bahasa Spanyol yang saya sendiri tidak bisa saya akhirnya memberi tantangan ke 2 kepada dia.

" Tantangan ke 2 kau Bar...kuasai ini hutan!". Dan dia langsung menyanggah. " Kuasai hutan maksud abang macam mananya" logatnya dalam bahasa Batak.Lalu saya menjelaskan kepada dia bahwa dia harus menguasai semua yang ada disini mulai dari budaya dan adat istiadat Batak, kearifan lokal, kesenian dan terutama sekali lingkungan. Apa flora dan fauna yang ada disana, apa bahasa Inggris dan latinnya, apa kegunaan dan manfaatnya.

Begitu juga ketika trekking dan camping dihutan, dimana tempat yang nyaman untuk makan siang dan penyajiannya yang menarik. Dan begitu juga ketika menyiapkan tenda dimana lokasinya yang aman dari gangguan binatang buas, bagaimana memadukan sebuah perjalanan dengan aksi lingkungan seperti aksi bersih sungai, aksi penanaman pohon, aksi pengurangan sampah plastik dan hal - hal lainnya dalam merencanakan suatu perjalanan sehingga betul - betul menyenangkan dan menjadi suatu pengalaman menarik yang tidak mudah dilupakan.Alhamdulillah Sabar yang dulunya seorang porter dan tidak tamat SD sekarang sedang merencanakan membuat sekolah gratis yang terbuat dari tanah liat sesuai keahliannya. Dan juga memadukan bangunan dengan bahan ecobrick (botol dan sampah plastik) untuk mengurangi sampah plastik didaerah tersebut.

Dan yang membuat saya menangis malam lebaran kemarin ketika dia menelpon saya " bang aku minta tolong bang!" Tolong apa Bar? Jawab saya heran. " bantulah aku bang...kirim no rekening abang..karena aku ingin juga abang dan keluarga menikmatinya" jawabnya dengan memohon. Terima kasih Sabar...kau betul - betul membuat saya merasa kaya! And thanks for being a Green Friend of Indonesia! (*)

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Terkini