Keindahan Bromo dan Uang Kertas Rp5.000

Foto Harian Singgalang
×

Keindahan Bromo dan Uang Kertas Rp5.000

Bagikan opini

Untuk sampai ke bibir kawah, wisatawan harus menaiki ratusan anak tangga. Nanjak hingga kaki terasa pegal. Tapi, kalau sudah sampai ke puncak alangkah puasnya. Saat siang menjelang, wisatawan bisa menikmati indahnya bukit teletubbies.Jip Hartop

Untuk mencapai ke kawasan Gunung Bromo disarankan menumpangi kendaraan 4x4. Atau naik jip hartop yang tersedia.Menurut Mas Beno salah seorang driver, untuk nanjak ke Gunung Bromo susah dengan kendaraan biasa.

Tanjakan yang tinggi bakal menyulitkan kendaraan yang bukan 4x4 atau 4WD. Kendaraan 4x4 ini maksudnya memiliki 4 penggerak roda. Berbeda dengan mobil pada umumnya.“Pernah ada mobil metik. Baru beberapa ratus meter berhenti, karena tak kuat nanjak. Makanya, kami sarankan untuk menggunakan mobil 4x4,” katanya.

Bicara soal driver jip, ia mengaku sudah 15 tahun mengemudi. Selain driver, penumpang dilarang coba-coba untuk mengemudikan jip.“Bukan gak percaya mas, tapi harus hafal dengan jalurnya,” kata Beno. Untuk mendapatkan “izin” mengemudikan jip, seorang driver harus belajar terlebih dahulu. Bermula dari seorang knek.

Lantas kemudian diajar bagaimana mengemudikan jip. Lalu menghafal rute menuju Gunung Bromo.“Setahun belajar. Baru bisa dilepas mengemudikan jip,” katanya.

Ia sendiri saat ini bekerja driver di salah satu perusahaan penyedia jasa wisata ke Bromo. Saat ini ada sekitar 1.700-an jip yang beredar di kawasan Gunung Bromo.Uang kertas Rp5.000.

Keindahan Bromo tak perlu disangsikan lagi. Karena keindahannya itu pemerintah mengabadikan Bromo di dalam lembaran kertas Rp5.000.Pecahan Uang Tahun Emisi (TE) 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan bertepatan pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Pemerintah dan Bank Indonesia merilis 7 uang kertas rupiah untuk pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000. (***)

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini