Akhirnya Saya Temukan Juga Kantor Soenting Melajoe

Foto Harian Singgalang
×

Akhirnya Saya Temukan Juga Kantor Soenting Melajoe

Bagikan opini

Sutan Maharadja yang meninggal 1921 itu adalah pendiri Sulit Air Sepakat (SAS), dimakamkan dekat Seberang Padang. Ia berpikiran luas, sering berdebat dengan kalangan agama. Dari tangannya lahir surat kabar khusus wanita. Uang dia punya, redaksi berada dalam kekuasaan Siti Roehana atau Ruhanan Kuddus, karena perempuan Koto Gadang inilah yang mendesak “agar dibuatkan segera surat kabar untuk perempuan.” Ruhana lantas disematkan sebagai wartawati pertama Indonesia, karena dialah yang sesungguhnya mengasuh surat kabar itu.Sibuk di reaksi

Di Pasa Gadang, tempat Soenting Melajoe terbit sekali ‘selapan’hari itu terjadi kesibukan. Selain order pemasangan iklan, tentu saja tulisan dan berita. Tulisan datang dari berbagai kota kecil dan besar di Sumatera dan Jawa. Tulisan itu kebanyakan dirangkai dalam syair, walau ada yang tidak. Diedit oleh duo wartawati hebat di Minangkabau. Kadang keduanya juga menulis.Tulisan itu, dikirim lewat pos. Kantor Pos Padang terletak di Societeits Weg (sekarang Bgd Aziz Chan, di sana juga kantor pos kini). Kantor itu juga sibuk, bangunannya, memanjang ke arah Simpang Kandang, tapi di ujung arah ke Imam Bonjol, menempel bangunan serupa yang lebih pendek. Atapnya tungkus nasi, dindingnya beton tebal bercat putih. Dinding banguna sisi arah ke Simpang Kadang, punya tiga jendela jangkung. Bangunan induk juga tiga dan bangunan yang seperti menempel itu, adalah lobi. Bangunan kokoh kuat khas Belanda itu, yang tersisa hanya foto, sebab dirubuhkan oleh PT Pos kala itu dan dibuat bangunan baru bagonjong, yang kehilangan makna.

Tulisan dikirim lewat Pos tersebut diantar ke Pasa Gadang dikoreksi oleh Ratna Juwita. Sebagian dikirim lagi ke Koto Gadang. Lalu dikoreksi oleh Ruhana Kuddus, dikirim balik ke redaksi. Setelah beberapa nomor -- bisa jadi begitu -- tulisan dikirim oleh sebagian si pembuat langsung ke Koto Gadang dan kemudian diperiksa redaktur dan dikirim ke Padang.Saya mulai lega, sebab setidaknya saya sudah menemukan jejak Soenting Melajoe. Sejauh itu hanya Khairul yang bisa menujukkan tanpa ragu kepada saya dimana kantor surat kabar tersebut.

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Terkini