Festival Surau di Masjid Baiturrahmah

Foto Duski Samad
×

Festival Surau di Masjid Baiturrahmah

Bagikan opini

Pilihan kegiatan di pusatkan di Masjid Baiturrahmah, masjid terbaik Kota Padang, masjid yang pendirian dan pembiayaannya di danai oleh Yayasan Baiturrahmah adalah tepat dan ini yang menjadi harapan Dewan Masjid Indonesia (DMI) sejak pusat, wilayah, daerah dan ranting. Keberadaan masjid terus bergerak menjadi pusat pengembangan umat dan bangsa. Masjid diminta fungsinya melebihi dari sebagai rumah ibadah mahdah saja.

Bagi masyarakat Sumatera Barat, tentu juga masyarakat Kota Padang kehadiran dan peran Masjid, Mushalla dan Surau semangkin dibutuhkan sebagai perisai menghadapi era informasi bebas, hoax, penyakit masyarakat, dan ekses negative dari kehidupan kota. Adanya undang-undang nomor 17 tahun 2022 yang menetapkan karakteristik Sumatera Barat Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABSSBK) adalah peluang dan menjadi keharusan mengembalikan Marwah Surau sebagaimana Minangkabau tempo dulu.

SURAU MASJID BAITURRAHMAH

Surau Masjid Baiturrahmah yang dimaksud adalah ingin menyatakan bahwa peran dan fungsi surau masa lalu telah dilakukan oleh Masjid Baiturrahmah. Sejatinya Masjid Baiturrahman telah menghidupkan kembali tradisi surau, baik pelaksanaan ibadah maupun dalam mengelola jamaah seperti yang dilakukan di surau di era awal, atau setidaknya masih ada dan kuat di Sumatera Barat sampai tahun 1970 an lalu. Masjid Baiturrahmah sebagai surau artinya mengembangkan aktivitas dan kegiatan kemasjidan sebagai pusat ibadah, dakwah, pendidikan, dan pembentukkan kepribadian umat dan bangsa.

Faktanya, Masjid Baiturrahmah setiap hari besar Islam menyelenggarakan Tabligh Akbar, wirid rutin, shalat berjamaah yang cukup ramai dengan didukung oleh kebijakan kampus Baiturrahmah yang menghentikan kegiatan ketika azan berkumandang. Shalat Tarawih mengikuti cara di masjidil haram, 20 rakaat, imam shalat membaca satu juz setiap malam, ada qiyamullail yang difilitasi sahurnya sepuluh hari terakhir Ramadahan. Banyak masyarakat yang meminta kepada Dewan Masjid agar dihimbau Masjid, mushalla dan surau lain untuk mencontoh gerakan kemasjidan seperti yang dilakukan oleh Masjid Baiturrahmah.

Penutup kalam ingin disampaikan bahwa Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Barat menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pimpinan Yayasan Baiturrahmah yang insya Allah Ikhlas memberikan fasilitas, dukungan pembiayaan dan kebijakan bagi gerakan keumatan berbasis masjid. Menghadirkan penceramah nasional dan tokoh nasional ke Masjid adalh wujud dari gerakan dakwah tiada henti dan tentu membawa kebaikan bagi umat dan bangsa.

Lebih dari itu peran, sumbangan dan nilai manfaat yang di bawa gerakan berbasis masjid dan surau akan menjadi penyangga dakwah, pengembangan masyarakat, Pendidikan, amal saleh, kesalehan sosial umat untuk Indonesia maju dan lebih beradab. Selamat PC PERTI Padang, Panitia, dan semua Peserta Festival Surau PERTI 2024, Selamat dan terima kasih Pengurus Yayasan Baiturrahmah, semoga ibadah mendirikan dan mendanai masjid menjadi amal abadi, siapa saja yang mendirikan dan mengurus Masjid, Allah pasti bangunkan untuknya istana di sorga. (hadist). Amin.(*)

Bagikan

Opini lainnya
Terkini