Mewujudkan "Nagari Maju Agam Maju" Melalui Aplikasi Smart Nagari

Foto Septri Andelvita
×

Mewujudkan "Nagari Maju Agam Maju" Melalui Aplikasi Smart Nagari

Bagikan opini
Ilustrasi Mewujudkan "Nagari Maju Agam Maju" Melalui Aplikasi Smart Nagari

Dalam rangka mewujudkan Agam Maju, Pemerintah Kabupaten Agam telah meluncurkan aplikasi Smart Nagari pada tahun 2022 lalu. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk pembangunan nagari berbasis digital. Aplikasi Smart Nagari memiliki 5 fitur yang sudah terintegrasi yaitu Singerti, SUREK Nagari, Sileton, Simpeg Nagari dan Sistem Informasi TP PKK Kabupaten Agam.

- Singerti merupakan aplikasi yang digunakan untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi seperti surat keterangan domisili, keterangan tidak mampu, keterang usaha dan lain-lain.

- Sileton merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan data kependudukan Disdukcapil Agam yang dimanfaatkan untuk kepengurusan KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akta Kematian dan sebagainya.

- Surek Nagari (Surat Elektronik) merupakan aplikasi surat menyurat, baik membuat ataupun berkirim surat yang dapat dimanfaatkan antar instansi pemerintah.

- Simpeg Nagari merupakan aplikasi yang memuat data kepegawaian di setiap nagari yang ada di Kabupaten Agam.

- Sistem Informasi TP.PKK merupakan aplikasi yang mengumpulkan data-data PKK dan Dasawisma secara elektronik.

Aplikasi Smart Nagari ini diperuntukkan bagi Pemerintahan Nagari di Kabupaten Agam. Sebagai bentuk dukungan dari pemerintahan nagari selaku perpanjangan tangan dari pemerintahan daerah untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Pemerintahan Nagari Magek juga telah mengadakan pelatihan untuk pengelolaan Aplikasi Smart Nagari bagi walinagari, sekretaris, kepala seksi, kepala urusan dan staf perangkat dengan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Agam pada akhir tahun 2023 yang lalu. Dalam pelatihan tersebut lebih intens kepada penggunaan aplikasi Surek Nagari yang dibutuhkan dalam pembuatan surat di pemerintahan.

E Surek yang terdapat dalam fitur Smart nagari ini digunakan oleh perangkat nagari dan Staff dalam surat menyurat, baik membuat ataupun berkirim surat yang dapat dimanfaatkan antar instansi pemerintah sehingga arsip surat keluar dan masuknya tertata dengan rapi didalam aplikasi tersebut. Keuntungan dari aplikasi ini adalah lebih memudahkan administrasi dimanapun berada karena bisa diperiksa melalui gadget walinagari dan perangkat.

Tahapan dalam pembuatan di e-Surek dimulai dari Pembuatan surat dari Pelaksana Kegiatan, diteruskan kepada Sekretaris Nagari untuk diperiksa, kemudian dilanjutkan kepada Walinagari untuk disetujui dan kembali ke agendaris untuk diberi nomor surat. Tahapan terakhir, surat yang telah selesai diperiksa dan diberi nomor akan di tanda tangani secara elektronik oleh Walinagari.

Bagikan

Opini lainnya
Terkini