Prabowo dan Sumbar

Foto eriandi
×

Prabowo dan Sumbar

Bagikan opini

Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. Mereka berdua adalah pasangan yang dipilih rakyat melalui pesta demokrasi pemilihan umum 14 Februari 2024.

Usai diresmikan sebagai kepala negara, Prabowo – Gibran langsung tancap gas bekerja. Menteri dan wakil menteri dilantik untuk menunjang kinerja kabinet yang diberi nama merah-putih.

Menariknya, kendati kalah di Sumatera Barat dengan hanya mendapat 38 persen lebih suara sementara Anies-Cak Imin meraup 58 persen, Prabowo-Gibran tidak melupakan Minangkabau. Tidak ada dendam dan sakit hati.

Tak percaya, lihat tujuh menteri dan wakil menteri yang ditunjuk untuk Kabinet Merah Putih berasal dari Minangkabau.

Mereka antara lain Yusril Ihza Mahendra lahir di Lalang, Manggar, Belitung Timur. Terkenal sebagai pengacara, pakar hukum tata negara, politikus, hingga intelektual Indonesia. Yusril anak dari pasangan Idris bin Haji Zainal Abidin dan Nursiha Binti Jama Sandon. Ibunya berasal dari Aie Tabik, Payakumbuh

Lalu Fadli Zon. Ia merupakan politikus dan mantan aktivis Indonesia. Kedua orang tuanya berasal dari Payakumbuh. Dony Oskaria merupakan profesional yang menjabat sebagai Direktur Utama Aviasi Pariwisata Indonesia perusahaan induk BUMN Pariwisata Indonesia. Lahir di Tanjung Alam, Tanah Datar. Yassierli seorang pakar perekonomian industri Indonesia yang saat ini menjadi Guru Besar di Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia lahir di Padang dan tercatat sebagai alumni SMA Negeri 1 Padang. Ada juga Yuliot Tanjung. Pria asal Padang Panjang ini kembali dipilih oleh Prabowo sebagai Wamen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Hasan Nasbi merupakan seorang konsultan politik Indonesia yang menjabat sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, berasal dari Bukittinggi. Terakhir Giring. Seorang politikus, penyanyi, penulis lagu, pemeran, dan pengisi suara Indonesia. Giring merupakan putra dari pasangan Djumaryo Imam Muhni yang beretnis Jawa dan Irmawaty yang berasal dari Minangkabau.

Bagikan

Opini lainnya
Terkini