BPBD Agam: 51 Pemilik Rumah Terdampak Galodo Lakukan Relokasi Mandiri

×

BPBD Agam: 51 Pemilik Rumah Terdampak Galodo Lakukan Relokasi Mandiri

Bagikan berita
Kepala BPBD yang juga Sekda Agam Drs. H.Edi Busti, MSi menyampaikan kondisi terkini kebencanaan dalam rapat koordinasi bersama BNPB, Kamis ,(6/6). - Ist
Kepala BPBD yang juga Sekda Agam Drs. H.Edi Busti, MSi menyampaikan kondisi terkini kebencanaan dalam rapat koordinasi bersama BNPB, Kamis ,(6/6). - Ist

Lubuk Basung - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Sekda Agam H.Edi Busti menyampaikan kondisi terkini kebencanaan dalam rapat koordinasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis ,(6/6).

Dalam rapat yang berlangsung secara daring tersebut, beberapa poin penting disampaikan terkait penanganan dan relokasi korban banjir bandang serta upaya normalisasi sungai.

Hingga saat ini, sebanyak 51 rumah yang terdampak banjir bandang, pemiliknya telah bersedia melakukan relokasi secara mandiri.

“Masyarakat yang terkena dampak banjir bandang sudah mulai melakukan relokasi mandiri. Tercatat ada 51 rumah rusak yang pemiliknya telah pindah secara sukarela,”katanya.

Untuk relokasi terstruktur masih menunggu persetujuan penuh dari warga. Namun, setelah dilakukan pendekatan dan sosialisasi, pada prinsipnya masyarakat mau direlokasi.

“Kami sudah melakukan pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat. Secara prinsip, mereka setuju untuk direlokasi. Kami saat ini tinggal menunggu lokasi yang diinginkan oleh masyarakat, yang disiapkan di Balingka, Matur, dan Lubuk Basung,” katanya.

Mengenai tanah eks Hak Guna Usaha (HGU), Kepala BPBD Agam menjelaskan bahwa prosesnya sudah selesai. Gubernur dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) sudah menyetujui penggunaan tanah eks HGU.Dalam proses relokasi dan penanganan pasca bencana katanya lagi, beberapa hambatan masih perlu diatasi. Salah satunya adalah kebutuhan akan alat pemecah batu untuk proses demolisi.

“Proses demolisi di Batu Anguih sudah selesai. Namun, kami masih membutuhkan alat pemecah batu untuk mempercepat proses ini,” katanya.

Selain itu, terdapat enam jembatan yang akan diperbaiki, yang masih menunggu persetujuan dari BNPB.

“Ada enam jembatan yang perlu diperbaiki segera. Kami masih menunggu persetujuan dari BNPB untuk memulai pekerjaan ini,” katanya.

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini