Labor Adalah Komponen Penting dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat

×

Labor Adalah Komponen Penting dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Bagikan berita
Asisten II Setdaprov Sumbar, Arry Yuswandi (tengah) mewakili Gubernur Sumbar membuka Rakernas II Aslabkesda di Padang, Rabu (10/7).ist
Asisten II Setdaprov Sumbar, Arry Yuswandi (tengah) mewakili Gubernur Sumbar membuka Rakernas II Aslabkesda di Padang, Rabu (10/7).ist

PADANG - Labor Kesehatan Masyarakat (Labkesmas) adalah komponen penting dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Untuk itu, keberadaan Labor Kesehatan Masyarakat Daerah (Labkesda) dapat memberikan pelayanan masyarakat yang efisien dan terstandar.

"Hasil labor adalah hal yang penting dalam menentukan diagnosa,"sebut Asisten II Setdaprov Sumbar, Arry Yuswandi, Rabu (10/7/2024).

Hal itu disampaikannya mewakili Gubernur Sumbar pada Rapat Kerja Nasional ke dua Akselerasi Laboratorium Kesehatan Daerah Indonesia atau yang disebut dengan (Alabkesda) dan Temu Ilmiah ke tiga, di salah satu hotel di Padang, Rabu (10/7/2024).

Dikatakannya, transformasi sistem ketahanan kesehatan dalam menghadapi kejadian luar biasa (KLB) atau wabah penyakit diperlukan penguatan laboratorum kesehahatan masyarkat.

Labor katanya, diharapkan dapat mendeteksi secara dini penyakit dan faktor risiko kesehatan berbasis labor. Terutama yang berdampak pada kesehatan masyarakat,

Dijelaskannya, Labkesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan pengukuran penetapan, pengujian yang berasal dari manusia atau bukan manusia untuk menntukan jenis penyakit penyebab penyakit. Termasuk kondisi kesehatan atau faktor risiko yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan atau masyarakat, dalam rangka mendukung sistem ketahanan kesehatan.

"Saya masih ingat labor itu disebut penunjang, tapi sekarang bukanlagi penunjang tapi penentu. Boleh saya istilahkan no labor no diagnosis, kalau penunjang boleh ada boleh tidak, kalau penentu mau tidak mau harus ada,"katanya.

Ke depan katanya, peran Labkesda samakin menentukan dalam hal, penetapan status kesehatan seseorang. Termasuk ksehatan masyarakat.

Untuk itu di penyelenggaraan Labkesmas secara berjenjang dari kabupaten kota sampai pusat. Dapat mendukung sistem ketahanan kesehatan nasional. Serta memudahkan akases masyarakat terhadap kebutuhan pelayanan laboratirum bermutu dan terjangkau.

Keberhasilan labor sendiri sangat tergantung pada pengelolaan Labkesmas yang baik dan terstandar. Oleh karena itu diperlukan kemampuan tata kelola bagi jajaran Labkesmas. Maka, diharapkan pimpinan Labkesmas mampu memahami prinsip tata kelola Labkesmas yang baik yang efisien dan terstandar.

Editor : yoserizal
Bagikan

Berita Terkait
Terkini