Kebakaran Hebat di Jalan Jawa Dalam, Kerugian Capai Rp500 Juta

×

Kebakaran Hebat di Jalan Jawa Dalam, Kerugian Capai Rp500 Juta

Bagikan berita
Kebakaran Hebat di Jalan Jawa Dalam, Kerugian Capai Rp500 Juta
Kebakaran Hebat di Jalan Jawa Dalam, Kerugian Capai Rp500 Juta

PADANG - Satu unit rumah toko (Ruko) di Jalan Jawa Dalam IV Nomor 2 RT 002 RW 006 Kelurahan Kampung Jao, Padang Barat, hangus dilalap apin Senin (21/10) sekitar pukul 12.19 WIB.

Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun enam orang atau dua kepala keluarga (KK) terancam kehilangan tempat tinggal. Kerugian ditaksir mencapai Rp500 juta.

Informasi yang dihimpun kejadian berawal ketika salah seorang warga melihat asap beserta api telah keluar dari Ruko tersebut. Mengetahui hal itu, Arif (38) melaporkan kejadian tersebut ke pemadam kebakaran.

Tidak lama berselang, petugas pemadam tiba di lokasi kejadian dan langsung memadamkan api. "Kita mendapat laporak sekitar pukul 12.19 WIB‎, satu menit kemudian petugas langsung ke lokasi. Empat menit setelah itu, petugas sudah tiba di lokasi kejadian," kata Kabid Ops Sarana dan Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran Padang, Rinaldi.

Rinaldi mengatakan, ‎untuk memadamkan api pihaknya mengerahkan lima unit armada kebakaran dengan 50 personel. Setelah api berhasil dipadamkan, petugas langsung melakukan pendinginan untuk mencegah adanya api susulan.

"Api berhasil dipadamkan lebih kurang setengah jam, setelah itu kita langsung melakukan pendinginan untuk mencegah adanya api," ujar Rinaldi.

Dijelaskannya, ruko yang terbakar mengalami rusak berat dengan luas area yang terbakar lebih kurang 500 meter bujur sangkar. ‎Petugas berhasil menyelamatkan empat ruko yang berada di lokasi kejadian, dengan kalkulasi yang berhasil diselamatkan petugas senilai Rp2,5 miliar.

"Saat memadamkan api kita tidak ada mendapat kendala, situasi menuju lokasi merupakan area pertokoan," jelasnya.

Terakhir Rinaldi mengatakan, untuk penyebab kebakaran pihaknya belum mengetahui, sebab kepolisian masih melakukan penyelidikan.

"Kita belum mengetahui darimana sumber api, karena polisi masih menyelidikinya. Lokasi sudah dipasang police line untuk penyelidikan lebih lanjut," tutupnya.

Editor : Rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini